Entertainment

TikTok Terjerat Sengketa Lisensi Musik dengan Perusahaan Asal Vietnam

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 25th 2020

Platform hiburan TikTok seperti tidak pernah lepas dari kontroversi dan persengketaan. Kali ini giliran perusahaan teknologi asal Vietnam, VNG yang menuntut TikTok.

VNG mengklaim jika TikTok tidak memiliki lisensi resmi untuk lagi-lagu yang mereka gunakan di video yang digunakan di platform mereka. Mereka mengatakan pada Senin (24/7) lalu jika TikTok menggunakan audio track yang dimiliki oleh Zing, anak perusahaan VNG, tanpa izin perusahaan tersebut.

"VNG meminta TikTok untuk menghapus semua segmentasi musik yang diambil dari rekaman Zing, baik dari aplikasi maupun situs TikTok, dan membayar denda rugi sebesar 221 juta dong (lebih dari Rp 139 miliar)," demikian bunyi tulisan yang mereka rilis.

VNG adalah perusahaan teknologi Vietnam yang didirikan pada 2004 dan bergerak di bidang game online, streaming musik dan aplikasi percakapan. TikTok sendiri memiliki 10 juta pengguna di wilayah Vietnam pada Agustus 2020, sehingga popularitasnya cukup tinggi. 

Keterlibatan TikTok di dalam kasus ini berangkat dari uniknya model bisnis dan jenis jasa yang mereka tawarkan.

"TikTok telah memperkenalkan jenis model bisnis yang kompleks untuk menghindari sengketa hak kepemilikan di Vietnem," begitu pernyataan Asosiasi Musik Vietnam kepada Reuters. Hingga kini, belum ada kelanjutan perkembangan dari kasus VNG - TikTok. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Kenalin, Challenge TikTok Terbaru: Drake 'Toosie Slide'

Entertainment
Elton John Terserang Pneumonia Saat Konser di Selandia Baru

Entertainment
Keren! Kepopuleran Lathi Bikin Weird Genius Nampang di Time Square New York