Tech

Hati-hati! 235 Juta Data Akun Instagram, TikTok, dan YouTube Bocor di Dunia Maya

Delima Pangaribuan

Posted on August 24th 2020

Kamu pengguna Instagram aktif? Atau sering update TikTok? Mungkin juga sering nonton YouTube, ya. Well, kalau kamu sering pakai ketiga aplikasi ini, saatnya sekarang ngecek keamanan akun-akun kalian. Soalnya ada laporan yang menyebutkan bahwa data-data kita yang ada di ketiga aplikasi ini berpotensi dipanen sama hackers.

Melansir Express UK, periset keamanan media sosial menyarankan jutaan pengguna Instagram, TikTok, maupun YouTube untuk mengecek kembali informasi personal di medsos. Kebanyakan mungkin belum menerapkan two-factor authentication atau otentifikasi dua faktor yang merupakan pengamanan berlapis bagi akun medsos kita. 
 
Tanpa pengamanan ini, peretas bisa dengan mudah masuk ke akun media sosial kita. Parahnya, begitu dia masuk, bukan cuma perkara medsos kita bakal diutak-atik buat ngeposting sesuatu macam prank. Tapi peretas juga bisa memanen data-data pribadi kita yang ada di media sosial tersebut. Mulai dari nomor telepon, e-mail, hingga barangkali alamat rumah dan nomor kartu kredit kita.
 
Tim periset asal Inggris yang dipimpin Bob Diachenko mengatakan kalau per tanggal 1 Agustus kemarin, terjadi kebocoran data yang berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi jutaan akun di ketiga media sosial tersebut. Setidaknya ada 235 juta data profil yang terekspos, siap untuk diambil penjahat dunia maya kapan saja.

 
Menurut temuan mereka juga, ada setidaknya 100 juta akun di Instagram yang datanya kurang aman. Menyusul 42 juta data akun TikTokk dan empat set data untuk 4 juta pengguna YouTube. Angka-angka ini sudah dirilis sama Forbes beberaoa waktu yang lalu.
 
Kenapa mereka disebut enggak aman? Karena akun-akun ini mencantumkan nggak cuma nomor telepon dan alamat e-mail. Tetapi juga tercatat punya setidaknya nama profil asli dan foto profil asli yang bisa disalahgunakan. Nama asli pastinya sering kita pakai untuk dokumen-dokumen penting. Foto asli juga bisa disalahgunakan oleh hacker dengan memindai wajah kita.
 
Tapi ini bukan berarti kita harus pakai akun anonim aja, ya. Memasukkan data-data pribadi ke akun media sosial itu penting juga untuk keperluan yang mungkin belum kita bayangkan. Misalnya dibutuhkan penegak hukum untuk melacak, barangkali orang itu pelaku kejahatan dan sedang buron. Data-data itu akan sangat amat berguna sekali.

 
Tapi, kita diingatkan supaya rutin mengecek akun media sosial kita. Terapkan pengamanan berlapis, sehingga kalau ada orang asing yang mencoba menembus media sosial kita, setidaknya kita bakal nerima peringatan dan bisa mengantisipasi dengan mengganti password segera. Semoga akun kita semua aman, ya. (*)
Related Articles
Interest
Alasan Kenapa TikTok Sulit Ditiru Aplikasi Lain

Tech
6 Cara Mudah Melindungi Data Kita di Internet

Tech
Instagram Bakal Ganti Tombol Navigasi Untuk Dorong Fitur Reels dan Shopping