Current Issues

WHO: Usia di Atas 12 Tahun Wajib Pakai Masker untuk Cegah Penularan Covid-19

Dwiwa

Posted on August 24th 2020

(Reuters)

Penyebaran Covid-19 semakin meluas. Total jumlah yang terinfeksi bahkan sudah mencapai lebih dari 23 juta orang sejak virus pertama ditemukan di Wuhan pada akhir tahun lalu. Korban meninggal pun sudah menembus angka 800 ribu.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh otoritas berwenang untuk mencegah virus ini menginfeksi semakin banyak orang. Salah satunya adalah dengan menerapkan peraturan untuk memakai masker ketika keluar rumah.

Bukan hanya orang dewasa saja yang diwajibkan memakai masker. Dilansir dari Reuters, pedoman baru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebut jika anak-anak terutama yang berusia di atas 12 tahun juga harus menggunakan masker sama seperti orang dewasa.

Bagaimana anak-anak menularkan virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 memang masih belum banyak diketahui. Tetapi sejumlah bukti menunjukkan jika anak remaja dapat menularkan virus ini sama seperti orang dewasa.

Masker ini wajib digunakan ketika anak-anak tidak bisa melakukan social distancing setidaknya satu meter dari orang lain. Selain itu, mereka juga harus mengenakan masker ketika berada di daerah yang terdapat penularan secara luas.

Di dalam pedoman yang dibuat oleh WHO dan UNICEF ini juga disebutkan jika penggunaan masker pada anak-anak berusia antara enam dan 11 tahun tergantung pada sejumlah faktor. Di antaranya adalah intensitas penularan di wilayah tersebut, kemampuan anak menggunakan masker, akses terhadap masker, dan adanya pengawasan dari orang dewasa.

Sementara untuk anak-anak yang masih berusia di bawah lima tahun, tidak disarankan untuk menggunakan masker ketika kondisi normal. Dalam dokumen tersebut juga disebutkan pula jika orang dewasa yang tinggal di daerah dengan penularan tinggi harus mengenakan masker, terutama untuk orang-orang yang melakukan kontak erat dengan anak-anak.

WHO sendiri sudah mulai menyarankan agar semua orang mengenakan masker di tempat umum pada 5 Juni silam. Namun dalam pedoman sebeumnya, mereka tidak secara spesifik mengeluarkan pedoman khusus untuk anak-anak.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Mau Pesta Saat Pandemi Covid-19? Yuk Simak Panduan WHO Berikut ini

Current Issues
Masker Bedah Turunkan Risiko Penularan Covid-19 Hingga 75 Persen

Current Issues
Kematian Akibat Covid-19 Tembus Sejuta, Apa yang Harus Dilakukan?