Current Issues

Mau Pesta Saat Pandemi Covid-19? Yuk Simak Panduan WHO Berikut ini

Dwiwa

Posted on August 23rd 2020

Semenjak pabdemi covid-19 semakin meluas, kerumunan dan pesta adalah dua hal yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya penularan. Namun seiring berjalannya waktu, pihak-pihak berwenang pelan-pelan mulai memberikan kelonggaran.

Pertemuan dan pesta berskala besar memang masih belum diijinkan. Tetapi acara yang memiliki tamu terbatas seperti pernikahan, pesta ulang tahun, atau pertandingan olahraga lokal bisa dilaksanakan tetapi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Nah, jika kalian merupakan salah satu orang yang berencana mengadakan pesta kecil-kecilan di tengah pandemi, ada beberapa tips dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar pesta kalian bisa tetap berlangsung dengan aman.

Melalui akun Instagram resminya, WHO menjelaskan apa saja yang harus dilakukan penyelenggara acara agar penularan pada tamu bisa diminmalkan. Hal pertama adalah menjelaskan kepada tamu langkah-langkah pencegahan apa yang harus dilakukan sebelum acara berlangsung dan terus mengingatkannya saat hari pelaksanaan.

Langkah-langkah pencegahan ini dapat meliputi penggunaan masker, menerapkan social distancing, serta menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Selanjutnya, WHO lebih menyarankan agar acara dilangsungkan di tempat terbuka. Jika tidak memungkinkan, pilih lokasi yang memiliki ventilasi yang baik.

Hal ini menjadi penting karena beberapa penelitian menunjukkan jika ruangan tertutup, terutama yang memiliki ventilasi buruk, menjadi tempat ideal untuk penyebaran virus yang dapat ditularkan melalui airborne ini. Bahkan penggunaan AC di ruang tertutup juga dinilai meningkatkan risiko penularan.

Tuan rumah juga harus bisa mengendalikan kerumunan. Caranya yakni dengan mengatur jadwal kedatangan dan kepulangan para tamu. Selain itu, penataan kursi juga harus diberikan jarak setidaknya satu meter.

Jangan lupa juga untuk memberikan tanda di lantai yang menjadi tempat berdiri bagi para tamu. Ini penting untuk memastikan mereka selalu menjaga jarak selama berada di dalam acara tersebut. Berikan juga penomoran pada para tamu untuk memudahkan melakukan pelacakan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Hal yang tidak kalah penting adalah tuan rumah harus menyediakan semua peralatan pencegahan yang dibutuhkan. Siapkan masker untuk mengantisipasi jika ada tamu yang datang lupa memakai atau jika ada tamu yang memerlukan penggantian selama acara berlangsung.

Pastikan juga sabun dan tempat cuci tangan atau hand sanitizer serta tisu tersedia di tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Siapkan pula tempat sampah tertutup untuk menampung sampah yang dihasilkan dalam acara tersebut.

Kurang lebih seperti itulah panduan dari WHO untuk penyelenggaraan acara selama masa pandemi. Panduan yang diberikan oleh WHO ini merupakan gambaran umum. Organisasi global ini pun memberi catatan agar dilakukan penyesuaian dengan rekomendasi lokal yang ada di wilayah masing-masing penyelenggaraan acara. (*)

Related Articles
Current Issues
Kematian Akibat Covid-19 Tembus Sejuta, Apa yang Harus Dilakukan?

Current Issues
WHO: Usia di Atas 12 Tahun Wajib Pakai Masker untuk Cegah Penularan Covid-19

Current Issues
Anak Muda Sehat Pun Butuh Waktu Berminggu-minggu Sembuh dari Covid-19 Ringan