Current Issues

Merasa Terzalimi, TikTok Akan Gugat Pemerintah Amerika Serikat

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 23rd 2020

(Reuters)

TikTok mengonfirmasi bahwa pihaknya akan menggugat pemerintah AS. Sebab, pemerintah yang dipimpin Donald Trump itu dianggap telah berbuat zalim. Trump 'memaksa' ByteDance sebagai perusahaan yang menaungi aplikasi tersebut, menghentikan operasionalnya di Amerika Serikat.

Josh Gartner, juru bicara TikTok berkata pada The Verge, “Walaupun kami sangat tidak setuju dengan kekhawatiran pemerintah, hampir selama setahun kami berniat baik untuk menyediakan solusi yang membangun.”

“Namun kami tidak menerima tindak lanjut apapun. Pemerintah AS tidak memedulikan fakta yang ada dan mencoba bernegosiasi dengan bisnis milik swasta,” jelasnya.

Dengan dasar itulah, perusahaan tersebut menempuh jalur hukum demi memastikan keputusan yang sangat kontroversial itu bisa menghaslkan keadilan bagi TikTok.

Pada 14 Agustus lalu, aplikasi video pendek ini memang resmi diblokir oleh negeri Paman Sam tersebut. Pemerintah Amerika Serikat memberikan waktu 90 hari untuk TikTok menjual perusahaannya pada perusahaan lokal AS atau pergi selama-lamanya dari negara itu.

Pemblokiran ini berawal dari hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang memanas. Pemerintah AS curiga kalau negara tirai bambu tersebut mencuri data masyarakat melalui aplikasi video pendek tersebut. Sebab jumlah pengguna AS bisa dibilang tidak sedikit.

Perusahaan teknologi raksasa Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka tertarik untuk membeli TikTok dari ByteDance. Tak lama setelahnya, Twitter juga dikabarkan tertarik untuk bekerja sama dengan aplikasi yang telah diunduh lebih dari 2 miliar kali tersebut.

Wah, kira-kira gimana ya nasib TikTok setelah ini? Kita tunggu aja deh proses hukum yang akan berlangsung antara perusahaan tersebut dan pemerintah Amerika Serikat. (*)

Related Articles
Current Issues
Ada Diskusi Tersembunyi, Twitter Diam-Diam Mau Beli TikTok?

Tech
TikTok Resmi Diblokir AS, Pengguna Nggak Tertarik Beralih ke Aplikasi Lain

Current Issues
Dinilai Mengancam Keamanan Nasional AS, Microsoft Akan Beli TikTok?