Tech

Volkswagen akan Produksi Mobil Listrik Generasi Kedua Mereka, ID.4

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 21st 2020

Volkswagen (VW) sepertinya tidak mau ketinggalan dalam tren kendaraan listrik yang diramalkan akan melanda dunia otomotif pada 2030 mendatang. VW mengabarkan jika mereka telah memulai produksi mobil listrik SUV mereka sendiri, ID.4. Mobil ini akan menjadi seri pertama dari merk ID yang dijual ke Amerika Serikat.

Pabrik VW di Zwickau, Jerman membocorkan hal tersebut kamis (20/8) lalu. Desain dan fungsi ID.4 akan diperkenalkan dengan lebih jelas kepada khalayak publik pada world premiere di September mendatang.

ID.4 adalah generasi berikutnya dari ID.3, mobil elektrik pertama rancangan VW yang desainnya diluncurkan pada September 2019. Produksi serial ID adalah langkah pertama VW dalam mencapai misi ambisiusnya, yaitu menjual 1 juta unit mobil elektrik VW setiap tahunnya mulai 2025. ID.3 sendiri baru akan mulai dijual secara umum pada September tahun ini.

ID.4 adalah mobil listrik kedua bagi VW yang akan dilengkapi platform MEB, sebuah sistem modular fleksibel yang diklaim VW mampu memproduksi listrik dengan lebih efisien dan hemat ongkos. Berbeda dengan ID.4, ID.3 hanya dijual di Eropa.

Selain di Amerika Serikat dan Eropa, ID.4 nantinya juga akan diproduksi dan dijual di Tiongkok. Produksi pertamanya akan dilakukan di pabrik Zwickau, dengan nilai investasi awal sebesar 1.2 miliar euro (sekitar Rp 21 triliun). Zwickau ditargetkan mampu memproduksi 300.000 kendaraan listrik pada 2021 mendatang.

Anggota dewan VW Group, Thomas Ulbrich mengatakan jika dua pabrik VW yang lainnya di Tiongkok akan memulai produksi ID.4 juga pada tahun ini, sementara pabrik di Chattanooga, Tennessee akan memulai produksi pada 2022. (*)

 

Related Articles
Tech
Beralih ke Listrik, Mulai 2035 VW Setop Jual Mobil Berbahan Bakar Fosil di Eropa

Tech
Apple Coba Gandeng Produsen Tiongkok untuk Produksi Baterai EV

Tech
"EV Boom" Bikin Dunia Butuh Lebih Banyak Listrik