Tech

Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal

Delima Pangaribuan

Posted on August 20th 2020

(The Verge)

 
Raksasa media sosial Facebook ternyata gak selamanya menganggap kompetitor sebagai pihak yang harus dimusuhi. Malah, kompetitor itu digandeng. Hal ini terjadi begitu Facebook mengumumkan bakal memasukkan Zoom dalam device khusus video chat milik mereka, Facebook Portal.
 
Melansir CNET, Facebook mengumumkan ada beberapa aplikasi video chat yang akan masuk ke dalam device Facebook Portal. Selain Zoom, ada pula Blue Jeans, GoMeeting, dan Webex. Secara bertahap, aplikasi-aplikasi itu akan mulai bergabung September mendatang.
 

Mengapa kemudian Zoom, yang notabene adalah saingan Facebook dan Google, akhirnya digandeng? Menurut Facebook, era pandemi ini meningkatkan kebutuhan orang akan aplikasi video chat demi memenuhi tugas sehari-hari. Mulai dari sekolah, kerja, rapat, hingga acara kumpul-kumpul dilakukan melalui video.
 
Facebook sendiri sebenarnya sempat meluncurkan kompetitor Zoom, yakni Messenger Rooms pada April lalu. Fitur ini bisa menampung hingga 50 peserta dalam sekali video call. Aplikasi ini tentu masih bisa dipakai dan masuk dalam Facebook Portal. 
 
Lantas kenapa Zoom kemudian digandeng? Bukannya malah bakal menyusahkan Messenger Rooms?

 
Kalau menurut Facebook sih, gak ada salahnya memasukkan aplikasi kompetitor demi mempermudah pengguna. Melihat tingginya penggunaan Zoom oleh pengguna internet, Facebook pun terpikir menggaet aplikasi itu juga supaya orang-orang punya alasan untuk beli Facebook Portal. Kalau cuma mengandalkan Messenger Rooms dan bersifat eksklusif, belum tentu device ini bakal laku.
 
"Motivasinya di sini adalah untuk memastikan Portal sebagai solusi yang jitu untuk kebutuhan rumah tangga dan para pekerja untuk saling terhubung dengan orang lain. Dan kami rasa para penyedia jasa ini (Zoom, GoMeeting, Webex, dsb) bisa membantu kami untuk mencapai tujuan itu," jelas Director of Product Management Portal, Micah Collins.
 
Namun, tentu kerja sama ini sempat menimbulkan pertanyaan akan keamanan data. Zoom sendiri jadi pembicaraan sejak awal booming karena anggapan bahwa aplikasi ini tidak aman untuk data pengguna. Facebook juga pernah punya catatan merah soal keamanan data privat. Namun, Micah menegaskan bahwa kerja sama ini bukan soal 'pertukaran data pribadi'.
 
Jadi bagaimana? Setelah Zoom bergabung ke device ini, kalian tertarik buat pakai Facebook Portal? (*)
Related Articles
Tech
Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!

Interest
Sekarang Kita Bisa Pakai Background Studio Ghibli di Zoom, Ini Pilihannya

Tech
Facebook Luncurkan CatchUp, Aplikasi Khusus Untuk Telepon