Hobi

Pandemi, Back to Hogwarts Tahun Ini Digelar Virtual, Ikutan Yuk...

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 21st 2020

J.K. Rowling bukan hanya mewariskan cerita tentang Harry Potter kepada para penggemar novel karangannya. Lebih dari itu, dia menciptakan dunia baru, beserta segala aktivitas yang menghidupkannya.

Sejak cerita Harry Potter "meledak", orang-orang tidak lagi melihat Stasiun King's Cross sebagai stasiun kereta biasa. Lebih dari itu, stasiun kereta di London ini lebih sering dikenang sebagai tempat Harry Potter dan teman-teman sekolahnya berangkat ke Sekolah Sihir Hogwarts. Peringatan itu bahkan dilakukan tiap tahun, tepat 1 September pukul 11 siang waktu setempat.

Kini tiap 1 September, penggemar Harry Potter dari seluruh Inggris -bahkan mancanegara- akan menyambangi Stasiun King's Cross sebagai sebuah bentuk perayaan akan waralaba favorit mereka tersebut. Tapi tahun ini, perayaan yang dinamai "Back to Hogwarts" tersebut akan sedikit berbeda.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, Back to Hogwarts akan digelar secara digital untuk pertama kalinya. Kabar baiknya, dengan demikian, akan ada lebih banyak Potterhead yang bisa mengikuti kegiatan ini dari seluruh dunia.

The Wizarding World, organisasi penggemar resmi yang menaungi kegiatan ini meminta para Potterhead untuk tidak membuat keramaian di Stasiun King's Cross tahun ini. Sebagai gantinya, mereka membuka Back to Hogwarts virtual yang gratis, hemat ongkos dan bahkan jauh lebih aman karena bisa diakses dari tempat tinggal masing-masing.

Penggemar Harry Potter dari seluruh dunia dapat mulai melakukan pendaftaran di situs resmi WizardingWorld.com sejak 29 Agustus mendatang. Situs Wizarding World adalah situs pengganti situs klub penggemar yang lama, Pottermore. Di sana, penggemar dapat membuat wizarding world passport, yaitu kartu identitas digital berisi informasi pribadi penggemar di "dunia sihir", termasuk asrama Hogwarts, jenis tongkat sihir, hewan patronus dan lain sebagainya.

Back to Howarts virtual akan menghadirkan beberapa konten menakjubkan, seperti penampilan Paul Harris yang akan mendemonstrasikan dan mengajarkan seni pertarungan tongkat sihir. Juga pemutaran Journeys to Hogwarts Soundscape hingga penampilan CineConcerts dari orkestra di seluruh dunia yang memainkan musik dari kedelapan film Harry Potter.

Back to Hogwarts virtual juga akan menampilkan para selebriti dunia yang belakangan ini ikut serta dalam program "Harry Potter at Home", di mana mereka membacakan tiap chapter dari buku Harry Potter and The Philosopher's Stone.

Terakhir pada 1 September, para fans dapat bergabung ke dalam acara puncak, yaitu perayaan hitung mundur di Stasiun King's Cross dengan beberapa kejutan yang belum disebutkan oleh penyelenggara. Berdasarkan press release di situs rowlinglibrary.com, acara count down ini akan dihadiri James dan Oliver Phelps (pemeran Fred dan George Weasley) serta Jason Isaac (pemeran Lucius Malfoy).

"Aku senang sekali bisa mendapat peran di Back to Hogwarts digital pertama ini! 2020 benar-benar tahun yang tidak biasa, dan kita semua perlu melakukan hal apapun untuk menjaga diri kita tetap aman, termasuk dengan tinggal di rumah. Kuharap para penggemar dapat bergabung dengan kami dan ikut merayakan semua ini secara virtual," ujar James Phelps.

Selain aktor-aktor Harry Potter, Hogwarts Back to School juga akan didatangi oleh pemeran drama Harry Potter and the Cursed Child, serta dilengkapi dengan beberapa permainan sebelum countdown dimulai.

Penggemar Harry Potter dapat ikut meramaikan event ini dengan mengirimkan foto mereka yang bertemakan "Back to Hogwarts – Class of 2020". Foto para penggemar ini nantinya akan dikumpulkan ke dalam sebuah mozaik dan ditampilkan setiap hari selama event berlangsung. Dan, ditampilkan di bagian dalam Stasiun King's Cross.

Anggota resmi Harry Potter Fan Club bahkan akan memperoleh kenang-kenangan eksklusif dalam bentuk mozaik digital yang bisa diunduh. Event ini akan digelar pada pukul 10.30 hingga 11.30 waktu London (17.30 hingga 18.30 WIB) pada 1 September mendatang. Peserta event dapat menyimak kegiatan ini di situs www.wizardingworld.com. Ikutan yuk(*)

Artikel Terkait
Interest
Dukung Belajar Di Rumah, J.K. Rowling Buka Lisensi 'Harry Potter'

Hobi
J.K. Rowling Rilis Tampilan Sampul Novel Terbarunya, 'The Ickabog'

Current Issues
Tekan Obesitas Selama Pandemi, Pemerintah Inggris Dorong Kebiasaan Hidup Sehat