Tech

BlackBerry Comeback! 2021 Siapkan Ponsel 5G dengan Keyboard QWERTY

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 20th 2020

Pada awal kemunculan smartphone di akhir 2000, BlackBerry menjadi sangat populer. Namun dalam perjalanannya eksistensi mereka kalah dengan iPhone. Lebih-lebih ketika smartphone dengan operating system (OS) Android bermunculan dengan harga terjangkau.

Apalagi ketika WhatsApp hadir, BlackBerry sudah tak lagi punya keunggulan. Sebab, ketika smartphone Android hadir, BlackBerry masih punya kebanggaan lewat BlackBerry Messenger (BBM)-nya. Tapi begitu WhatsApp datang dan bisa digunakan di semua sejenis OS, BBM makin ditinggalkan orang. Sebab WhatsApp punya keunggulan tak perlu bertukar PIN seperti BBM. Cukup sinkronisasi nomer telepon.

Nah, kabar terbarunya BlackBerry mencoba peruntungannya lagi di dunia smartphone. Tahun depan mereka siap meluncurkan smartphone baru berteknologi 5G. Mereka juga coba mengembalikan romantisme ponselnya: menggunakan keyboard QWERTY. 

Ponsel baru ini tidak diproduksi sendiri oleh BlackBerry. Mereka telah mengantongi lisensi produksi dari produsen gadget asal Texas, OnwardMobility. Perusahaan startup itu juga akan bekerjasama dengan FIH Mobile dalam mendesain dan memproduksi ponsel baru BlackBerry.

"Smartphone BlackBerry selama ini dikenal karena mampu memproteksi komunikasi, privasi dan data (penggunanya)," ujar CEO OnwardMobility Peter Franklin melalui sebuah press release-nya. "Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi OnwarMobility untuk membawakan perangkat 5G generasi berikutnya ke pasar (smartphone), dengan dukungan dari BlackBerry dan FIH Mobile."

Sayangnya, romantisme kembalinya BlackBerry ini masih perlu ditunggu. Setidaknya sampai akhir 2020. Sebab, kemungkinan peluncuran BlackBerry ini dilakukan pada 2021.   

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai spesifikasi khusus dari ponsel yang sedang dikerjakan BlackBerry dan timnya. Termasuk juga dengan harga jualnya. Namun menilik Peter Franklin menggunakan istilah "enterprise professionals" dalam menyebut gadget yang dikerjakannya, kemungkinan produk baru BlackBerry ini akan dipasarkan untuk kelas menengah ke atas.

Comeback-nya BlackBerry sebenarnya bukan yang pertama. Pada 2016 mereka sempat merilis dua produknya yang dilengkapi OS Android. Kemudian pada 2017, TCL menandatangani kesepakatan dengan BlackBerry untuk memproduksi gadget BlackBerry lainnya, BlackBerry KeyOne. Smartphone itu lagi-lagi dilengkapi dengan OS Android. Sayangnya kedua usaha tersebut tak berbuah kesuksesan.(*)

Related Articles
Tech
Ponsel Terbaru Motorola Razr Dirilis Awal Oktober

Tech
Xiaomi Rilis Konsep Earbud Nirkabel yang Bisa "Dimasukkan" ke Ponsel

Tech
Memori Ponsel Penuh? 4 Coba Trik Sederhana Ini Sebelum Memutuskan Beli Baru