Interest

Jangan Ngeluh Kepanasan, Lima Tempat Ini Punya Suhu Jauh Lebih Tinggi

Dwiwa

Posted on August 20th 2020

Banyak penduduk Indonesia yang menganggap jika suhu di negeri ini sudah sangat panas. Keringat mengucur saat berada di luar ruangan. Matahari bersinar terik membuat orang-orang bersembunyi di dalam gedung ber-AC.

Tapi sebenarnya suhu terpanas yang ada di Indonesia masih belum ada apa-apanya dibanding beberapa kota lain di dunia. Dari kurun waktu 1990- saat ini, suhu terpanas yang tercatat adalah 40,6 derajat celcius yang terjadi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada 16 Agustus 1997.

Sementara itu dibelahan bumi lain, suhu tertinggi yang pernah tercatat mencapai angka diatas 50 derajat celcius. Penasaran daerah mana saja yang memiliki suhu paling panas di bumi? Dilansir dari INDEPEDENT, berikut lima wilayah terpanas di bumi yang bakal bikin kalian tidak ingin meninggalkan ruang ber-AC.

1. Death Valley, California, Amerika Serikat

(Getty/iStock via INDEPENDENT)

Furnace Creek, Death Valley merupakan wilayah di bumi yang memiliki suhu paling panas. Pada 16 Agustus 2020, taman di wilayah California ini mencatat rekor baru dalam satu abad terakhir dengan suhu 54,4 derajat celcius.

Bukan kali ini saja Death Valley memegang rekor sebagai wilayah terpanas di bumi. Tahun 1913 suhu di wilayah ini bahkan jauh lebih panas mencapai 56,7 derajat celcius.

Meski validitas pengukuran suhu ini masih menjadi perdebatan, namun jelas Furnace Creek tetap menjadi wilayah terpanas di muka bumi. Suhu rata-rata di tempat ini mencapai 47 derajat Celcius selama musim panas dan menjadi tempat terkering di Amerika Serikat.

2. Kebili, Tunisia

(iStock via INDEPENDENT)

Kota gurun yang dikenal dengan kurma berkualitas ini menjadi tempat lain di bumi yang memiliki suhu sangat panas. Suhu rata-rata lebih dari 40 derajat celcius dan suhu tertinggi tercatat pada 55 derajat yang terjadi pada Juli 1931.

3. Mitribah, Kuwait

Mitribah, sebuah daerah terpencil di barat laut Kuwait, mencapai suhu 54 derajat celcius pada 21 Juli 2016. Selain tercatat menjadi wilayah dengan suhu tertinggi ketiga di dunia, ini juga menjadi suhu tertinggi yang pernah tercatat untuk wilayah benua Asia.

4. Turbat, Pakistan

Turbat, kota yang terletak di selatan Balochistan, Pakistan, mencatat suhu tertinggi keempat pada 28 Mei 2017 mencapai 53,7 derajat celcius.

5. Dallol, Ethiopia

(Carl Court/Getty Images via INDEPENDENT)

Ladang hidrotermal tersebut terdiri gundukan garam, bukit belerang, geyser yang dapat menyemburkan gas dan sumber air panas yang mengandung asam tinggi ini memiliki suhu maksimum harian rata-rata 47 derajat dari 1960 hingga 1996. Dulu tempat ini dihuni oleh para penambang, tetapi saat ini telah berubah menjadi kota mati.

Panas banget ya guys. Panas di Indonesia benar-benar belum ada apa-apanya. (*)

Artikel Terkait
Interest
Tak Hanya Nyawa, Pandemi Covid-19 Juga Bisa Bunuh Privasi

Interest
6 Destinasi Wisata Ini Tetap Bisa Kalian Jelajahi, Meskipun Sedang #dirumahaja

Interest
Enaknya Kuliah di Stanford University