Entertainment

Terungkap! 8 Fakta Tersembunyi dalam Video Musik ‘Cardigan’ Taylor Swift

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 18th 2020

 

Setelah nyaris sebulan dirilis, Taylor Swift akhirnya membeberkan makna dari video musik lagunya yaitu Cardigan.

Video musik Cardigan ternyata disutradarai sendiri oleh Taylor lho. Ia mau plot video ini keren dan penuh dengan perumpamaan yang ia buat. Ia seakan meninggalkan teka-teki untuk para fansnya agar bisa dipecahkan. Ini sih memang kebiasaannya dari dulu!

Tapi, kalau biasanya ia memberikan semua teka-tekinya ke para penggemarnya, kali ini ia membocorkan makna sebenarnya dari video musik satu ini melalui pembahasan di kanal YouTube-nya. Kira-kira apa aja? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Angka favorit Taylor Swift terselip di jam dinding

Kalau kalian perhatikan di detik ke-21, ada sebuah jam dinding yang jarumnya mengarah ke angka satu dan tiga. Nah, ini bukan tanpa makna lho. Ternyata angka satu dan tiga adalah angka favorit sang bintang pop, makanya muncul di jam ini!

2. Lukisan yang dibuat sendiri dan foto sang kakek

Di waktu yang sama dengan jam dinding muncul, ada sebuah foto lama seorang laki-laki dan sebuah lukisan. Ternyata, sosok laki-laki tersebut adalah kakek dari Taylor Swift yang bernama Dean, salah satu pejuang di perang dunia kedua. Sang kakek juga tersirat di lagu Ephipany lho.

Lukisan yang berada di samping foto kakek Taylor juga bukan lukisan biasa. Ternyata, lukisan rumah berwarna putih itu adalah hasil karya pelantun 22 sendiri lho! Ia melukisnya di minggu pertama masa karantina akibat pandemi.

3. Hutan dan lautan penuh makna

Setelah pemilik album Folklore ini masuk ke piano, ia sampai di sebuah hutan yang indah banget. Ternyata, hutan hijau yang cantik ini melambangkan masa-masa hubungan yang lagi bahagia dan terasa penuh keajaiban. Bikin hati tenang dan senang gitu deh!

Sedangkan ketika Taylor terbawa arus dan berusaha menggapai piano untuk menyelamatkan diri dari kerasnya lautan melambangkan hubungan yang sedang dilanda masalah dan sulit dipertahankan.

4. Kembali ke asal

Setelah berhasil selamat dari kerasnya arus, pelantun Exile ini masuk kembali ke piano dan kembali ke tempat asalnya dengan tubuh basah kuyup. Ternyata, scene ini melambangkan kondisi di mana kita kembali waras setelah kehilangan orang yang kita sayangi. Baju yang basah menunjukkan kalau kita sudah mendapatkan pengalaman baru namun berhasil tetap menjadi diri sendiri.

5. Lagu Cardigan benar-benar rahasia saat itu

Ketika shooting video musik, biasanya lagu diputar agar sang artis tahu jelas bagian-bagian mana yang harus diperankan. Tapi, dalam pembuatan video Cardigan, Taylor benar-benar menjaga rahasia dengan menggunakan earpice untuk mendengar lagunya. Kru lainnya sama sekali gak ada yang tahu bagaimana lagu tersebut!

6. Siapa itu Aaron Dessner?

(Newsweek)

Publik dan bahkan timnya sendiri kaget ketika penyanyi kelahiran 30 tahun lalu ini melibatkan Aaron Dessner dalam pembuatan musik di album Folklore. Ternyata, Aaron adalah personil band rock The National, salah satu band yang disukai Taylor. Mereka bertemu di konser The National dan hubungan mereka berlanjut ketika sang bintang pop menghubungi Aaron untuk bekerja sama.

Aaron sangat senang, bahkan segera membuat musik untuk lagu Cardigan. Hanya selang beberapa jam, Taylor Swift mengirimkannya versi fix dari lagu Cardigan. Semuanya berlangsung cepat dan tanpa kontak fisik lho!

7. Pakaian yang digunakan adalah baju tidur milik Taylor Swift sendiri

Karena lagi masa pandemi, protokol kesehatan tetap harus dijalankan ketika shooting dong. Biar mengurangi kontak fisik, Taylor mengatur sendiri penampilannya mulai dari ujung kepala hingga kaki. Rambut dan make-up ia lakukan sendiri, bahkan pakaian yang ia gunakan adalah gaun tidurnya sendiri.

8. Ada inspektur kesehatan

Biar aman dari virus, pembuatan video musik ini melibatkan inspektur kesehatan untuk menjaga kebersihan dan keamanan semua orang yang terlibat. Ada sinar UV yang tersedia, bahkan peralatan kamera diatur khusus agar tidak ada kontak jarak dekat. Piano yang digunakan dalam video ini juga didisinfeksi setiap kali take, biar aman!

Nah, itu dia fakta-fakta tersembunyi dari video musik cardigan Taylor Swift. Nih tonton video penjelasan lengkapnya. (*)

Related Articles
Entertainment
Dituduh Plagiat, Logo Merchandise ‘folklore’ Taylor Swift Diubah

Entertainment
8 Fakta Unik Tentang Album Terbaru Taylor Swift ‘Folklore’

Entertainment
Taylor Swift Masuk 6 Nominasi Grammy dan Beri Surprise Rilis Film ‘Folklore’