Current Issues

Ayo Berdiri Tegak 3 Menit Pukul 10.17 untuk Peringati Detik-Detik Proklamasi

Dwiwa

Posted on August 16th 2020

(situs resmi GBK)

Peringatan detik-detik proklamasi tahun ini diperingati dengan cara yang berbeda. Gara-gara pandemi Covid-19, tidak ada upacara bendera besar-besarna seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Jika ada upacara pun, jumlah pesertanya sangat terbatas, tidak sebanyak dulu. Semua dilakukan agar penyakit yang disebabkan virus SARS-Cov-2 ini tidak semakin menyebar luas dan segera hilang dari bumi pertiwi. 

Meski begitu, bukan berarti makna detik-detik proklamasi juga jadi hilang. Pada bulan Juli lalu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah mulai mengajak masyarakat Indonesia untuk turut memperingati hari Kemerdekaan Indonesia dengan berdiam sejenak selama tiga menit tepat pada tanggal 17 Agustus 2020.

Semua aktivitas diharapkan untuk berhenti mulai pukul 10.17 hingga 10.20 WIB. Dalam kurun waktu tiga menit ini, orang-orang diminta berdiri tegak, mengambil sikap sempurna sebagai bentuk penghormatan dalam peringatan detik-detik proklamasi.

Arahan dari Mensesneg ini juga kembali digaungkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (15/8). Dalam laman Dinas Kominfo Jatim, Khofifah meminta agar seluruh warga Jawa Timur mengikuti arahan ini dan mengheningkan cipta serta berdoa dengan sikap tegak sempurna selama tiga menit.

Jadi nih guys, diingat ya. Besok, 17 Agustus, pukul 10.17-10.20 WIB, kita sejenak menghentikan aktivitas dan berdiri tegak dengan sikap sempurna. Ini sebagai bentuk partisipasi dalam peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang tidak biasa ini.(*)

 
Artikel Terkait
Current Issues
Kepala BNPB Ungkap Banyak Orang Jakarta dan Jawa Timur Percaya Kebal Covid-19

Current Issues
Belum Melandai, Daerah-Daerah Ini Alami Lonjakan Covid-19 yang Signifikan

Current Issues
Mantan Pemimpin Dunia Serukan Perlindungan Pendidikan Anak Saat Pandemi