Tech

Peneliti Kembangkan Potensi "Indra Pendengaran" pada Robot

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 15th 2020

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, peran robot dalam membantu pekerjaan manusia sehari-hari akan jauh lebih dibutuhkan daripada sebelumnya. Riset di bidang robotik akan sangat membantu pengembangan teknologi robot yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia di tengah kondisi pandemi.

Peneliti dari Universitas Carnegie Mellon (UCM) kini tengah meneliti tentang potensi sensor suara terhadap kemampuan rekognisi robot mengenai ekosistem di sekitarnya. Robot-robot yang dikembangkan di dunia selama ini kerap bergantung kepada dua macam indra : penglihatan dan perabaan. Pemasangan indra pendengaran kepada robot akan mengubah cara kerja robot sama sekali.

Eksperimen UCM tersebut melibatkan Sawyer, perangkat robot ciptaan Rethink Robotics untuk memindah-mindahkan objek di dalam sebuah wadah logam. Suara objek tersebut saat bergerak dan terbentur sisi bagian dalam wadah kemudian akan direkam dan dipelajari oleh robot bernama "Tilt-Bot".

Ada sebanyak 60 objek yang dilibatkan di dalam penelitian, termasuk mur, baut, blok kayu, bola tenis dan apel. Sebanyak 15.000 interaksi objek dengan sekitarnya direkam dan didata.

Tilt-Bot kemudian akan belajar mengindentifikasi objek tersebut melalui suaranya. Hasilnya, Tilt-bot memiliki 76 persen success-rate dalam melakukan tugasnya, bahkan untuk objek-objek kecil kecil seperti mur dan baut.

"Kurasa hal yang menarik tentang ini (Tilt-Bot) adalah saat dia gagal (mengidentifikasi objek), dia gagal pada objek yang sudah kau duga," asisten profesor CMU Oliver Kroemer mengatakan dalam rilis penelitiannya. "Tapi pada objek yang jelas berbeda, seperti blok dan cangkir, dia dapat membedakannya."

Meski masih berada dalam tahap awal, penelitian ini adalah tonggak awal dalam pemanfaatan sensor suara pada robot. Jika potensi ini digali lebih dalam, akan ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan robot ciptaan manusia di masa mendatang.

Related Articles
Tech
Mengenal LiDAR, Perangkat Sensor Laser yang Melengkapi iPhone 12

Tech
"Dr. Spot", Robot Pemeriksa Pasien Covid-19 dari Jarak Jauh

Tech
Ilmuwan Kembangkan Kulit Buatan untuk Robot yang Bisa Bedakan Tekstur dan Suhu!