Sport

Tak Ada Messi atau Ronaldo di Semi Final Liga Champion Musim Ini

Dwiwa

Posted on August 15th 2020

(Getty via GOAL)

Nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi Eropa selama lebih dari 10 tahun. Kedua bintang sepakbola ini memiliki kemampuan luar biasa yang mampu membawa timnya berhasil memenangkan berbagai kejuaraan.

Dilansir dari GOALl, untuk pertama kalinya setelah 15 tahun berlalu, tidak ada satupun dari kedua superstar ini yang berhasil membawa timnya lolos ke semi-final Liga Champion musim ini.

Barcelona yang perkuat Messi harus tersingkir setelah dipermalukan  Bayern Munich pada Jumat (14/8) dengan skor 2-8. Sementara Ronaldo bersama Juventus bahkan sudah terdepak sejak babak 16 besar oleh Lyon.

Tersingkirnya kedua tim tersebut berarti untuk pertama kalinya sejak musim 2004-2005, kompetisi yang diakhiri kemenangan dramatis Liverpool setelah berhasil comeback atas AC Milan, tidak ada Messi maupun Ronaldo yang dapat masuk ke empat besar Liga Champion.

Ini juga berarti pertama kalinya sejak musim Liga Champion 2006-2007, tidak ada tim Spanyol yang masuk semi-final. Di musim itu, Ronaldo mencapai semi-final saat bergabung dengan Manchester United (MU), yang akhirnya dikalahkan oleh AC Milan.

Tahun ini mungkin hanya sebuah pengecualian, atau bisa jadi menjadi awal dari berakhirnya era dimana Messi dan Ronaldo mendominasi di klub sepak bola Eropa.

Messi sendiri telah membawa pulang enam Ballon d’Or sementara Ronaldo mengantongi lima. Satu-satunya yang berhasil merebut dominasi mereka dari penghargaan tersebut sejak 2008 adalah Luka Modric pada 2018.

Meski sejak musim 2014-2015 bintang sepakbola Argentina tersebut puasa piala di Liga Champion, tetapi setidaknya dia sudah empat kali menjadi juara di kompetisi tersebut. Sedangkan Ronaldo berhasil lima kali meraih tropi di ajang yang sama, satu bersama MU dan empat kali bersama Real Madrid.

Dominasi keduanya menimbulkan banyak perdebatan tentang siapa yang paling unggul. Namun menurut salah satu mantan rekan satu tim Messi di Barcelona, Arda Turan, pria Argentina itu lebih unggul dibanding Ronaldo.

“Messi selalu ada di setiap momen sepakbola. Dia bisa mengatur setiap aspek permainan. Tidak ada hal buruk soal Ronaldo tetapi dia adalah pencetak gol, meskipun itu sangat spesial,” ujar Turan kepada beIn Sports Turki seperti dilansir dari Goal.

“Messi melakukan segalanya dalam permainan. Dia melakukan hal yang tidak pernah terpikirkan. Kecerdasannya, visinya, umpannya sangat berbeda. Dan semua orang yang pernah aku ajak bicara setuju dengan hal ini.

“Kecuali orang-orang yang dekat dengan Ronaldo, rekan satu  timnya, mengatakan itu adalah Ronaldo karena mereka menjawab secara politis. Ronaldo adalah temanku dan aku tidak akan mempertanyakan kualitasnya. Tetapi aku pikir Messi lebih baik,” tambahnya. (*)

 

Artikel Terkait
Sport
Masih Positif Covid-19, Cristiano Ronaldo Batal Bela Juventus Kontra Barcelona

Sport
Sembuh Covid-19, Cristiano Ronaldo Cetak Dua Gol untuk Kemenangan Juventus

Sport
Klasemen Liga Champions Pekan Ini: Kemenangan Barcelona dan Rekor Messi