Lifestyle

Enam Kebiasaan Ini Merusak Mata, Segera Tinggalkan!

Dwiwa

Posted on August 13th 2020

Menghabiskan waktu menonton drama di ponsel, laptop, komputer maupun layar televisi telah menjadi kebiasaan yang semakin sering dilakukan semenjak pandemi Covid-19. Para pelajar dan pekerja pun semakin banyak menghabiskan waktu di depan layar demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Sayangnya, terlepas dari kita lebih terlindung dari infeksi virus SARS-Cov-2, kebiasaan ini membawa ancaman bagi kesehatan mata. Tidak hanya itu saja, beberapa kebiasaan lain yang sering dilakukan sehari-hari rupanya juga bisa membawa dampak buruk bagi mata.

Apa saja ya kira-kira kebiasaan itu? Berikut enam kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak mata seperti dilansir dari BESTLIFE.

1. Terlalu Banyak Streaming dan bermain ponsel

Analisis Nielsen memperlihatkan adanya lonjakan pengguna layanan streaming seperti Netflix, Hulu, dan Amazon Prime hingga 85 persen di awal pandemi. Dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Di tengah ketidakpastian kapan kehidupan akan kembali normal seperti sebelum pandemi, ahli percaya jika tren ini akan bertahan cukup lama.

Sayangnya, menurut ahli di Lone Star Vision, ada dua masalah yang timbul saat melakukan streaming berlebihan, yakni menatap layar dalam waktu lama dan pancaran cahaya yang berasal dari layar.

Dua hal ini dapat memicu mata kering, gatal, berair, dan bahkan pandangan yang kabur. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi waktu streaming dan memberikan jarak saat menonton.

Selain itu, penggunaan ponsel jangka lama juga dilaporkan meningkat semenjak pandemi. Bahkan saat malam, orang juga lebih lama menatap layar ponsel dibanding sebelumnya. Padahal menurut sebuah studi pada 2018 yang diterbitkan di jurnal Scientific Report, menyebut paparan sinar biru dari ponsel dapat memicu molekul beracun di mata yang dapat menyebabkan kerusakan mata yang tidak dapat disembuhkan akibat degenerasi makula.

 

2. Tidak beristirahat saat work from home

Lone Star Vision, ketika kalian tidak beristirahat sejenak dari layar komputer saat bekerja di rumah, bisa muncul kondisi yang disebut sindrom penglihatan komputer. Meski masalah ini tidak seserius seperti komplikasi seumur hidup yang diakibatka paparan sinar biru berlebihan, ini dapat terus mengganggu dan memburuk sampai penyebabnya dihilangkan.

 

3. Menggunakan AC berlebihan

Musim panas dan kemarau saat ini membuat berdiam diri di dalam ruang ber-AC memang sangat menyenangkan. Tetapi ketika paparan AC terlalu berlebih, justru akan berdampak buruk bagi mata.

Menurut dokter mata Leigh Ploughman, AC dapat mengurangi kelembaban relatif di dalam ruang yang sering menimbulkan gangguan yang disebut penyakit mata kering.

Menurut American Optometric Association, kasus mata kering yang parah dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan depan mata.

 

4. Salah memilih makanan

Anjuran untuk di rumah aja membuat orang lebih cenderung mengonsumsi camilan tidak sehat. Padahal, jika dikonsumsi berlebihan, makanan cepat saji dan berlemak tinggi bisa meningkatkan risiko gangguan pada mata.

Sebaliknya, menurut para ahli di NVISION Eye Centre, makanan utuh yang mengandung nutrisi yang baik untuk mata dapat membantu seseorang mendapatkan cukup nutrisi untuk menjaga kesehatan mata.

 

5. Tidak memakai sunglasses saat keluar rumah

Memakai kacamata hitam telah menjadi aksesoris yang sering digunakan orang-orang ketika berlibur. Selain untuk mempercantik penampilan, ternyata kacamata ini juga berfungsi untuk melindungi mata lho.

Sebab ketika kalian tidak memakainya, mata akan lebih banyak terpapar sinar UV yang berasal dari matahari. Padahal menurut penelitian National Eye Institute pada 2014, paparan berlebihan sinar UV dapat menyebabkan mata mengalami katarak, pengaburan lensa yang membuat penglihatan kabur.

 

6. Menggosok mata

Kebiasaan menggosok mata menjadi hal yang semakin dilarang di masa pandemi seperti saat ini. Selain bisa membuat virus SARS-Cov-2 masuk ke dalam tubuh, kebiasaan ini sebenarnya juga merusak mata.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Opthalmology pada 2019, menggosok mata terlalu keras atau sering justru dapat merusak karena menimbulkan keratoconus, sebuah kondisi serius yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan

Keratoconus ini muncul ketika kornea menipis yang membuatnya lemah dan menjadi lebih berbentuk kerucut. 

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat mata jadi terganggu. Jika kalian memiliki salah satu atau lebih dari kebiasaan tersebut, ada baiknya mulai ditinggalkan dari sekarang ya. Kan sayang nih, jalan hidup kita masih panjang tapi keindahan dunia tidak bisa kita lihat dengan sempurna.

Related Articles
Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Current Issues
Kreatif! Seniman Ini Lukis Wajah di Masker, Mirip Banget Aslinya

Current Issues
Menilik 5 Wabah Terparah Sepanjang Sejarah dan Bagaimana Mereka Diakhiri