Entertainment

Konser Virtual The Weeknd di TikTok Kumpulkan Donasi Rp 5,1 Miliar

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 13th 2020

(TikTok)

 

TikTok, aplikasi video singkat asal China yang sedang ditekan oleh pemerintah Amerika Serikat ini kembali menorehkan pencapaian yang nggak main-main. Senin (10/8) lalu sebuah konser musik virtual The Weeknd diadakan di panggung livestream aplikasi ini dan meraup dana donasi sejumlah USD 350.000 atau setara dengan Rp 5,1 miliar. Wow!

Konsep bertajuk The Weeknd Experience ini punya konsep yang unik. Bukan hanya menunjukkan penampilan The Weeknd yang ditemani Doja Cat, konser satu ini juga melibatkan pengalaman augmented reality (AR) yang visual tiga dimensinya keren banget.

 

Para penonton bisa mengatur tema visual konser tersebut melalui polling live dan komentar. Pengalaman yang unik sekali untuk sebuah konser virtual!

Penyanyi asal Kanada satu ini membawakan lagu-lagu dari album hitsnya, After Hours. Selain menghibur para penggemar dengan konsep penampilan yang nggak biasa, konser yang pertama kali tayang pada 7 Agustus ini berhasil menarik total 2 juta penonton dalam jangka waktu penayangannya. Dari besarnya penonton, donasi yang terkumpul juga besar.

Donasi untuk mendukung gerakan inisiasi keadilan yang setara (Equal Justice Initiative) ini bertujuan untuk membantu ketidakadilan ekonomi dan ras yang marak terjadi di negeri Paman Sam tersebut.

Hasil donasi yang berasal dari fitur donasi aplikasi TikTok dan penjualan merchandiseWeeknd x TikTok” ini juga akan digunakan untuk melindungi hak asasi manusia bagi kelompok yang paling rentan di Amerika.

“The Weeknd Experience mengubah musik Abel (The Weeknd) menjadi dunia interaktif yang menakjubkan,” kata Isabel Quinteros, manajer senior TikTok bagian kerja sama musik dan artis dilansi dari Variety.

“Penting untuk menjaga penggemar tetap terhubung dan terhibur dengan karya inovatif selama pandemi ini. Saya pikir acara ini melaksanakan hal tersebut sambil menjadi bentuk terima kasih pada pengguna TikTok karena sudah mendukung karier musiknya.”

Lagu Blinding Lights milik The Weeknd memang menjadi lagu yang viral banget di aplikasi tersebut. Lagu kedua dari album After Hours tersebut telah menginspirasi lebih dari 1,5 juta video dengan tagar #BlindingLightsChallenge. Memang nggak main-main deh kekuatan TikTok! (*)

 

Related Articles
Entertainment
The Weeknd 'Blinding Lights' dan Doja Cat 'Say So' Rajai Billboard Hot 100

Entertainment
The Weeknd Rilis MV ‘Save Your Tears’, Ini Pesan Rahasia yang Pasti Terlewatkan

Entertainment
Asyik! Anne Marie Akan Berkolaborasi Dengan Doja Cat di Lagu ‘To Be Young’