Tech

Kreator Original Avatar Tinggalkan Kerjasama dengan Netflix. Ada Apa?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 13th 2020

Apakah kamu penggemar kartun Avatar The Legend off Aang? Mungkin ini kabar buruk buat kamu.

Setelah kreasinya sempat diadaptasi ke dalam bentuk serial live action oleh Netflix, kini kedua pencipta cerita original Avatar, Michael Dante Dimartino dan Bryan Konietzko memutuskan tidak lagi terlibat dalam proyek live action Avatar.

Kabar tersebut pada awalnya tersebar lewat unggahan di situs pribadi DiMartino. Dia menulis bahwa dirinya dan Konietzko dengan berat hati memilih untuk melepas proyek serial live action Avatar : The Last Airbender di Netflix karena adanya perbedaan visi kreatif di dalam tim mereka. Keputusan mereka tersebut ternyata sudah diambil sejak Juni 2020 lalu.

"Ketika aku dan Bryan menandatangani proyek tersebut di tahun 2018, kami direkrut sebagai produser eksekutif sekaligus showrunner. Dalam pengumumannya untuk serial itu, Netflix mengatakan jika mereka berkomitmen menghargai visi kami dalam membuat ulang cerita ini (Avatar) dan akan mendukung kami dalam pengerjaannya," tulis DiMartino. 

Sayangnya, rencana tersebut tidak berjalan sebagaimana yang dia harapkan. "Dan siapa tahu? Adaptasi live action Avatar Netflix berpotensi menjadi adaptasi yang bangus. Serial ini mungkin akan dinikmati oleh banyak orang. Tapi yang bisa kami pastikan saat ini adalah, apapun yang akan tayang nantinya bukanlah hal yang Bryan dan aku ingin ciptakan," sambungnya. 

Ini adalah sinyal buruk bagi para penggemar Avatar yang selama ini telah menantikan kemunculan live action ini. Bergabungnya DiMartino dan Konietzko di proyek tersebut adalah hal yang menjanjikan bagi para fans, terutama setelah adaptasi live action movie Avatar 2010 lalu mendapat kritik pedas dari para penontonnya. 

Kabar mengenai penggarapan live action Avatar sudah tersiar sejak September 2018 silam. Netflix bahkan beberapa kali membocorkan konsep serial ini yang menampilkan Aang, karakter protagonis utama dalam cerita ini, beserta teman banteng terbangnya, Appa.

Serial ini ditargetkan mulai tayang pada 2019, walau akhirnya ditunda tanpa adanya penjelasan yang spesifik dari tim produksinya.

Meski melepas kontrak mereka dengan Netflix, DiMartino dan Konietzko tidak akan benar-benar lepas tangan dari waralaba Avatar yang sudah mereka besarkan bersama.

"Aku juga ingin menjelaskan jika ini tidak berarti bahwa aku tidak akan terlibat lagi dalam semesta Avatar. Cerita dan karakter-karakter ini benar-benar berarti bagiku dan perkembangan minat serta ketertarikan semua orang terhadap Avatar dan Korra selama ini adalah hal yang menyenangkan."

Di lain pihak, Netflix merilis pernyataan yang mengatakan jika mereka sangat menghargai keputusan Dimartino dan Konietzko.

"Kami sangat menghormati dan mengagumi Michael dan Bryan beserta cerita yang mereka bangun di versi animasi Avatar. Meski mereka memutuskan untuk meninggalkan proyek live action, kami tetap yakin dengan kemampuan tim kreatif dan proyek adaptasi mereka," demikian tulis Netflix. (*)

 

 

Related Articles
Entertainment
Avatar Studios vs. Avatar Versi Netflix. Mana yang akan Lebih Disukai Penonton?

Entertainment
Kreator Avatar Kemungkinan akan Garap Spin-off Ketiga dari Avatar Universe

Entertainment
Studio Triggers Garap Anime Cyberpunk : EdgeRunners untuk Netflix