Tech

Tesla Bikin Smartwatch, Benarkah Berfungsi Juga Sebagai Kunci Mobil?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 12th 2020

Tesla tak pernah berhenti berinovasi. Setelah mengeluarkan mobil listrik versi SUV --yang diberi nama Cybertruck-- kini Tesla menyiapkan peluncuran smartwatch. Inovasi baru Tesla ini dilakukan diam-diam.

Kabar ini terungkap ketika beredar dokumen di FCC (Federal Communications Commission). FCC merupakan lembaga di Amerika Serikat yang berperan mengatur komunikasi internasional antar negara bagian di AS via jaringan telepon, radio, satelit atau kabel.Dalam dokumen itu disebutkan Tesla menggandeng perusahaan teknologi asal Norwegia, Xplora Technologies. Kerjasama itu dituangkan dalam pembuatan smartwatch, khususnya untuk anak-anak. 

Meski detail produk ini masih tersembunyi, pertanyaan terbesar semua pihak adalah mengapa Tesla mau repot-repot terjun ke pasar smartwatch? Mengapa Tesla mau berdarah-darah di pasar yang selama ini dikuasai Apple, Samsung, dan Huawei?

Dugaan yang paling banyak dilontarkan publik adalah Tesla tertarik untuk menggunakan platform smartwatch Xplora demi menciptakan perangkat teknologi pelindung anak-anak. Mengingat smartwatch dapat dilengkapi fitur GPS dan voice call.

Tapi ada teori lain yang lebih liar: Tesla ingin mengalihkan fungsi kunci mobil ke dalam smartwatch. Tentang mengapa harus smartwatch untuk anak-anak, mungkin ada hubungannya dengan fitur mengemudi-otomatis yang tengah dikembangkan Tesla pada produk-produk mobil mereka. Bukan tidak mungkin jika di masa mendatang, integrasi kedua teknologi tersebut dapat menciptakan mobil yang bisa mengantar-jemput anak-anak secara otomatis.

Berkas pengajuan sertifikasi FCC yang diajukan Tesla mencatumkan sebutan "Tesla Motors". Lebih lengkapnya, berkas tersebut menyebutkan: "XPLORA Technologies AS, yang bertandatangan di bawah ini memberikan kuasa kepada Wu Xuewen dari Shenzhen BALUN Technology Co.Ltd, untuk mewakili XPLORA Technologies AS dalam urusan yang berkaitan dengan pengajuan sertifikasi perlengkapan FCC untuk produk dengan FCC ID: 2AVMJX5P".

Kuasa yang diberikan XPLORA itu terkait juga dengan penandatanganan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pengajuan. Tindakan yang dilakukan oleh Shenzhen BALUN Technology Co.Ltd, yang berhubungan dengan pengajuan tersebut juga memiliki kekuatan hukum yang sama seperti tindakan oleh Tesla Motors, Inc.

Proyek Tesla dengan smartwatch ini masih dikunci rapat oleh pihak Tesla. Sehingga belum ada konfirmasi resmi terkait apa tujuan mereka mendesain smartwatch tersebut. Namun mengingat selama ini Tesla memang sedang memikirkan alternatif dari kunci mobil, maka kemungkinan terbesar Tesla membuat smartwatch adalah untuk menciptakan teknologi yang terintegrasi dengan mobil-mobil buatan mereka.(*)

Related Articles
Tech
Penjualan EV Global: Tesla Masih Memimpin, Hyundai Merosot ke Posisi 6

Tech
Pakar: Saingan Terbesar Tesla Bakal Datang dari Tiongkok

Tech
Kenalin Lucid Motors, Pesaing Tesla yang Dikembangkan Mantan Anak Buah Elon Musk