Tech

Versi Beta WatchOS7 Dirilis, Apa Saja Fitur-fitur Terbarunya?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 11th 2020

Apple baru saja merilis versi beta dari OS Apple Watch terbaru mereka, watchOS7. Di antara semua operating system yang diciptakan Apple, watchOS mungkin adalah yang paling underrated, mengingat penggunaan Apple Watch tidak sebanyak penggunaan iPhone, iPad atau MacBook. Meski demikian, watchOS7 tetap hadir dengan fitur-fitur terbaru mereka.

Apple Watch kini menghadapi pesaing-pesaing baru di pasar Smart Watch, seperti Huawei dan Samsung. Update software saja tidak akan cukup untuk menyaingi mereka, sehingga kini Apple juga bermain dengan update hardware dan penyederhanaan mode demi harga yang lebih terjangkau bagi konsumen.

Update terbaru dari watchOS7 meliputi fitur aplikasi cuci tangan, navigasi sepeda, workout dan yang paling penting, beberapa fitur sleep-tracking. Fitur ini bekerja menggunakan sensor yang selama ini sudah ada di perangkat Apple Watch.

Fitur sleep-tracking ini nantinya akan dipasang untuk Watch Series 5,4, dan 3 yang telah beredar sejak sejak 2017 hingga sekarang dengan kisaran harga US D200 (sekitar Rp 2,9 juta), serta kemungkinan jadi tambahan fitur pada Watch Series 6 yang akan dirilis pada akhir tahun ini.

Fitur sleep-tracking ini cukup multifungsi. Salah satu kegunaannya, tentu saja mendeteksi jika penggunanya sudah tidur lewat akselerometer yang mendeteksi gerakan dan perubahan pola napas. Rekaman tentang waktu tidur dan rasio detak jantung kemudian akan disimpan ke dalam database  Health App Apple.

Bagian lain dari sleep-tracking adalah Sleep Mode. Fitur ini membuat Apple Watch masuk ke dalam mode do not disturb, kemudian secara otomatis mematikan semua notifikasi dan menunda fungsi pembangun saat pengguna meluruskan tangannya. Fitur ini bekerja secara otomatis saat penggunanya tertidur, dan dapat dimatikan atau diatur ulang. Dan hal yang terpenting adalah, fitur ini dapat menghemat umur baterai.

Apple Watch dapat menyala dalam rentang 18 jam, menurut klaim Apple, dan akan cukup merepotkan jika penggunanya mengaktifkan fitur sleep-tracking sepanjang hari. Pengingat charging akan muncul di layar Apple Watch saat pengguna terbangun dari tidurnya, atau jika baterai berkurang hingga tinggal 30%.

Selain itu, masih ada fitur Sleep Schedule, yang menentukan target tidur dan bangun. Secara default, Apple Watch mengaturnya menjadi 8 jam. Di sisi lain, fitur Wake Up akan membunyikan alarm dengan suara yang mirip seperti aplikasi Bedtime di iOS.

Jika pengguna terbangun 30 menit sebelum waktunya bangun sesuai jadwal, Apple Watch akan menanyakan apa penggunanya ingin mematikan alarm atau langsung bangun saat itu juga.

Fitur lain yang cukup membantu di tengah pandemi ini adalah fitur Hand-washing. Ini adalah fitur yang dikembangkan oleh Apple selama bertahun-tahun, dan akhirnya dapat dirilis saat mencuci tangan kini menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi seisi dunia.

Saat dinyalakan, fitur ini akan menghitung 20 detik dengan animasi berbentuk gelembung angka di layar Apple Watch. Fitur ini dapat aktif secara otomatis saat Apple Watch mendeteksi gerakan-gerakan tertentu yang menunjukkan jika penggunanya sedang mencuci tangan, lewat akselerometer dan mikrofon yang mendeteksi suara air dan sabun yang mengalir.

Mendeteksi seseorang yang mencuci tangan tentu saja cukup sulit, tapi versi beta WatchOS7 ternyata bisa mengerjakannya dengan baik, walau sangat mungkin fitur ini akan aktif dengan sendirinya saat penggunanya mencuci piring.

Apple Watch juga dilengkapi fitur workout yang kini mendeteksi empat macam gerakan. Yakni dansa, latihan inti, latihan kekuatan fungsional dan pendinginan. Fungsi ini dikembangkan Apple sebagai pengganti fitness tracker biasa yang kerap digunakan saat berolahraga.

Update yang paling fungsional mungkin adalah fitur translate. Pengguna dapat mengklik Siri, meminta translasi dengan memilih bahasa yang diinginkan. Ada Bahasa Arab, Jerman, Spanyol, Perancis, Italia, Jepang, Korea, Portugis Brazil, Rusia dan Mandarin.

Pengguna hanya perlu menyebut kata-katanya, lalu Apple Watch akan menampilkan hasil terjemahannya di layar, dalam aksara beserta cara membacanya dalam bahasa Inggris.

Versi final dari watchOS7 rencananya akan dirilis pada akhir 2020 ini. (*)

Related Articles
Tech
Hati-Hati, Jaringan dengan Nama Ini Bisa Rusak Koneksi Wi-Fi iPhone!

Tech
Kemungkinan Besar Apple Bakal Rilis iPhone 13 dan Apple Watch Series 7 Bulan Ini

Tech
iOS 16 Bakal Punya Fitur Always On untuk iPhone Terbaru