Lifestyle

Buat Pejuang SBMPTN, Nih Tips Menghalau Overthinking dan Khawatir Berlebih

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 10th 2020

(Pixabay)

Buat kamu pejuang PTN yang deg-degan, overthinking, khawatir, takut, pusing, menunggu hasil SBMPTN di 14 Agustus mendatang, tenang, kamu nggak sendirian kok. Dengan segala tantangan tahun ini, kita pasti berharap bisa diterima oleh universitas impian rebutan banyak orang.

Tapi, jangan sampai semua pikiran-pikiran negatifmu malah jadi dampak buruk buat kesehatan mental ya! Terlalu lama overthinking dan khawatir yang berlebihan menyebabkan perasaan selalu lelah yang dapat berujung pada gangguan kecemasan (anxiety) atau depresi. Waduh!

Sekarang, halau overthinking dengan ambil alih kendali pikiranmu. Nih caranya.

1. Peka kalau kamu mulai overthinking dan bilang, ”Stop!”

Kalau pikiranmu mulai berkelana ke tempat-tempat yang gelap dan menyeramkan bernama masa depan yang gagal atau berantakan, latih dirimu untuk bilang “Stop!”. Bisa di dalam hati, tapi biar lebih efektif, ucapkan dengan keras.

Bisa juga dengan tindakan yang kelihatan. Misalnya seperti sambil menepuk tangan atau berdiri ketika bilang “Stop!”. Tindakan ini butuh dilakukan rutin biar kita terbiasa untuk mengontrol pikiran kita.

2. Ganti channel!

Eh, tapi kadang pikiran kita itu bandelnya bukan main. Disuruh berhenti malah menjadi-jadi! Kalau itu terjadi, coba ganti channel dulu. Bukan channel televisi ya, tapi channel di kepalamu. Cukup deh drama tragedi yang hanya imajinasi diputar 24 jam. Sekarang, coba lakukan sesuatu yang konsepnya fresh dan kamu nikmati.

Misalnya dengan melakukan hal-hal menenangkan seperti berendam air hangat, memasak, membaca, atau kegiatan apapun yang bisa mendistraksi pikiran. Tapi jangan main media sosial deh untuk amannya.

3. Ingat kalau pikiran hanyalah pikiran

Sadari kalau pikiran bukanlah kenyataan. Berbagai kemungkinan masih bisa terjadi, buruk ataupun baik. “Apa aku nggak bakal lulus?” Belum tentu. “Apa aku pasti nggak lulus? Masih belum tentu. Semuanya masih ada di pikiran kita, belum pasti akan terjadi sesuai sandiwara kepala kita.

4. Latihan mindfulness

Tiap mulai diserang kekhawatiran dan berbagai pikiran toxic, ingat kalau kamu masih ada di dunia ini, di sini, di detik ini juga. Tetap berpijak di masa sekarang, jangan berpetualang terlalu jauh ke masa depan terus jadi khawatir atau flashback ke masa lalu yang bikin menyesal.

Cara biar kamu tetap hadir di masa saat ini dan bukannya di masa yang lain disebut mindfulness. Coba untuk perhatikan detail-detail sekitar kita, mulai dari menghitung embusan nafas, merasakan tekstur sofa, mendengarkan suara binatang peliharaan, dan kegiatan lain yang intinya kita fokus penuh terhadap hal tersebut.

5. Jangan memperkecil nilai dirimu

Worst case nanti pengumumanmu nggak berwarna hijau, ingat kalau itu sama sekali tidak mengurangi nilai dirimu. Kamu tetap berharga dan dengan apa yang kamu punya, jalan lain masih bisa ditempuh. Mungkin itu pertanda kalau universitas tersebut kurang bisa membantu kamu berkembang jadi manusia yang lebih baik nantinya, tapi akan ada tempat yang lebih pas.

Percaya deh, semua yang terjadi ada alasan yang baik di baliknya. (*)

Related Articles
Lifestyle
Ingin Menghentikan Kebiasaan Berpikir Negatif? Belajar Menerima, Jangan Dilawan!

Lifestyle
Sering Merasa Gelisah? Hilangkan 5 Mindset Negatif Ini Untuk Lawan Anxiety

Current Issues
‘Eco-anxiety’, Ketakutan Kerusakan Lingkungan yang Bebani Kaum Muda