Tech

Setelah 35 Tahun Bertahan, Toshiba Resmi Tinggalkan Pasar Laptop

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 10th 2020


(Nikkei Asian Review) 

Beberapa tahun lalu, Toshiba sempat jadi andalan di dunia laptop. Sayangnya, masa keemasan itu telah berlalu. Karena itu, diam-diam Toshiba mengakhiri bisnis yang telah mereka geluti selama 35 tahun tersebut. Merka menjual seluruh sisa sahamnya kepada Sharp.

Dua tahun lalu, perusahaan teknologi asal Jepang ini telah menjual 80,1persen saham bisnis komputer lipat tersebut kepada Sharp. Produk mereka pun berubah nama menjadi Dynabook.

Rupanya hal itu belum dirasa cukup. Sisa saham 19,9 persen akhirnya juga dijual kepada Sharp. Selasa (4/8) lalu Toshiba resmi mengumumkan kesepakatan tersebut. “Karena transfer ini, Dynabook telah dimiliki secara penuh oleh Sharp,” jelas perusahaan tersebut dalam pernyataan resmi yang tercantum di website mereka.

Toshiba pertama kali merilis laptopnya pada 1985. Saat itu Toshiba langsung menjadi pesaing brand yang sudah lama bermain di pasar laptop. Tipe T1100 yang dirilis pada tahun itu dianggap menjadi laptop mainstream pertama.

Toshiba T1100 saat itu dijual dengan harga 1.899 dolar Amerika Serikat. Jika dibandingkan dengan kondisi saat ini nilainya setara 4.514 dolar. Laptop itu menggunakan operating system (OS) Windows. Prosesornya menggunakan Intel 80C88. Dengan kecepatan 4,77 MHz. RAM-nya 256 kb.

 
Toshiba T1100.

Bentuk laptop ini tak banyak berubah sampai kemudian muncul produk Apple’s Powerbook pada 1991. Toshiba kemudian merilis seri terbarunya T1200.

Pasar laptop pun semakin riuh dengan berbagai merek lain. Sepertinya persaingan yang superketat jadi penyebab Toshiba tak lagi mampu terus mempertahankan eksistensinya. Kurang adanya fitur unik yang mencolok membuat merek tersebut makin tenggelam dengan perusahaan lain yang terus berinovasi. Sebut saja Lenovo, HP, Dell, dan merek lainnya yang terus berkembang.

Sayonara Toshiba.(*) 

Artikel Terkait
Tech
Merk Laptop Ini Udah Nyerah Jualan di Indonesia, Kamu Pernah Beli Nggak?

Tech
Alasan Kenapa PC Masih Oke Digunakan Daripada Laptop

Tech
Apakah Mode Hibernate di PC Lebih Hemat Energi Daripada Mode Sleep?