Sport

Kejutan! Brad Binder Juara MotoGP Ceko

Tora Nodisa

Posted on August 9th 2020

(Foto: MotoGP)

MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno penuh kejutan. Pembalap Afrika Selatan, Brad Binder muncul sebagai juara, pada balapan yang berlangsung, Minggu, 9 Agustus 2020. Binder masih berusia 24 tahun, dan ia mampu menjadi juara di musim rookie-nya. Ini rekor pertama yang dicetak pembalap debutan, setelah Marc Marquez.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu finis di tempat pertama dengan catatan waktu 41 menit, 38 detik. Di belakangnya menyusul Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha SRT, lalu di tempat ketiga ada Johann Zarco dari Esponsorama Racing. Binder yang start dari grid ketujuh mampu finis pertama. Sedangkan Zarco yang berada di pole position harus puas berada di tempat ketiga.

Binder terlihat emosional ketika memasuki finis. Itu wajar, karena jarang ada pembalap yang bisa memenangkan gelar juara di MotoGP untuk tahun pertama. Setidaknya, pernah dilakukan oleh Marc Marquez dari Repsol Honda. Dan, itu sudah lama sekali. Jadi sangat wajar bila komentator menyebut ini kejutan.

Tahun ini Binder mulai masuk MotoGP, dan baru tiga kali balapan. Tetapi ia mampu menjadi yang terbaik hari ini. Binder disebut-sebut sebagai bintang baru, bintang Afrika Selatan, bahkan yang lebih luar biasa, Binder dianggap sebagai legenda KTM di MotoGP. Binder sebelumnya menjadi juara di Moto3, kemudian tampil mengesankan di Moto2, lalu dia dikontrak oleh KTM Factory. Hingga akhirnya mencetak sejarah.

"Ini adalah hari yang saya impikan sejak masih kecil, dan astaga, hari ini menjadi kenyataan. Sungguh menakjubkan memenangkan grand prizx pertama saya, dan saya berharap orang tua saya ada di sini, karena mereka menudukung saya sejak awal," kata Binder usai balapan.

Binder menjadi orang Afrika Selatan pertama yang memenangkan balapan MotoGP. Ini memang sangat mengejutkan bagi dunia balap.

Sementara itu, MotoGP lanjutan pasca-hiatus memang sulit ditebak. Sebelumnya, Fabio Quartararo menjadi juara dua race beruntun. Kali ini sejarah baru dicatatkan oleh Brad Binder. Sepertinya, cedera Marc Marquez bisa membuat balapan semakin menarik. Bukan hanya didominasi oleh pembalap Repsol Honda saja. (*)

Related Articles
Sport
Telah Ditemukan Satu Kasus Covid-19 di Arena MotoGP

Sport
MotoGP Rilis Protokol Kesehatan, Ketat Sejak Seminggu Sebelum Balapan

Sport
Miguel Oliviera, Juara MotoGP Pertama di Sirkuit Mandalika