Current Issues

Ada Diskusi Tersembunyi, Twitter Diam-Diam Mau Beli TikTok?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 9th 2020

Di tengah kontroversi larangan TikTok sebagai aplikasi buatan China untuk beroperasi di Amerika Serikat, muncul kandidat baru yang punya potensi untuk membeli aplikasi video pendek tersebut selain Microsoft.

Memang, nasib aplikasi milik perusahaan ByteDance tersebut bergantung pada ada atau tidaknya pembeli yang bersedia mengakuisisi perusahaan tersebut. Kalau sampai dalam waktu yang ditentukan nggak ada perusahaan yang deal, TikTok akan benar-benar hilang dari negeri Paman Sam. Waduh!

DIlansir dari The Verge, ternyata Twitter sudah pernah berdiskusi tentang kolaborasi dengan TikTok. Belum pasti bahwa akan ada akuisisi, tapi bisa-bisa Twitter jadi saingan Microsoft yang juga terlihat ingin membeli aplikasi tersebut.

Kalau dilihat-lihat dari besarnya kekayaan Microsoft, tentunya bakal sulit untuk Twitter bersaing dalam besarnya tawaran yang mungkin ditawarkan. Jelas, Microsoft sebagai raksasa perusahaan teknologi punya nilai yang jauh lebih besar. Sejauh ini hanya Microsoft yang secara terang-terangan mengumumkan bahwa ada kemungkinan untuk membeli TikTok.

Tantangan lain adalah jangka waktu yang sangat singkat. Pemerintah AS hanya memberikan waktu 45 hari sejak 6 Agustus lalu untuk TikTok tetap berada di negara mereka, menyelesaikan segala urusan dan menyiapkan kepergian.

Artinya, calon pembeli hanya punya waktu bernegosiasi sampai 20 September mendatang. Pastinya nggak gampang dong untuk membeli sebuah perusahaan dalam waktu singkat. Bukan jumlah uang yang kecil!

Entah apa yang direncanakan TikTok mengenai rencana ini. Yang jelas, perusahaan tersebut tidak merasa melanggar hukum apapun dan ada rencana untuk menuntut keadilan pada pemerintah AS. Kita tunggu aja deh gimana kepastiannya. (*)

Related Articles
Current Issues
Merasa Terzalimi, TikTok Akan Gugat Pemerintah Amerika Serikat

Tech
TikTok Resmi Diblokir AS, Pengguna Nggak Tertarik Beralih ke Aplikasi Lain

Entertainment
Waduh! Bintang TikTok Charli D’Amelio Mulai Gabung ke Aplikasi Saingan, Triller