Sport

Liga Tanpa Penonton Bikin Performa Pemain Meningkat

Dwiwa

Posted on August 8th 2020

Saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, para atlet profesional pelan-pelan kembali ke arena. Kompetisi sepak bola di Eropa digelar kembali, meski tanpa penonton. Kompetisi NBA pun sudah berlangsung di sebuah gelembung, istilah sebuah area terbatas.

Dilansir dari Express, penelitian pun dilakuan untuk melihat bagaimana para atlet beradaptasi dengan pandemi, yang belum tahu kapan akan berakhir ini. Hasilnya mengejutkan: performa para atlet justru mengalami peningkatan.

Tampaknya venue pertandingan yang tak terlalu bising berdampak ke performa pemain. Di sepak bola, misalnya. Akurasi tendangan bebas lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi. Persentase free throw dan tembakan tripoin dari pemain NBA pun diklaim meningkat.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta percaya jika ada penjelasan sederhana dari keuntungan bertanding di stadion yang kosong. “Ketika mereka bermain di depan 80 ribu orang, ada banyak kesulitan yang dihadapi,” ujarnya.

Menurut Opta, tingkat akurasi tendangan bebas naik 10 persen setelah pandemi Covid-19 terjadi. Ada 10 gol hanya 92 pertandingan. Jumlah itu naik dari 16 dalam 288 laga sebelum lockdown diberlakukan. (*)

Artikel Terkait
Sport
Liga Belanda Resmi Dibatalkan! Tak Ada Juara, Promosi, dan Degradasi

Sport
Lima Liga Top Eropa Siap Bergulir Kembali

Sport
Kontrak Habis 2022, Ronaldo Bakal Dijual Juventus Musim Depan?