Tech

Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 7th 2020

Semakin dekat dengan peluncuran Android 11, Google pun kembali meluncurkan versi beta dari operating system andalan mereka itu. Versi beta ini adalah yang ketiga dan terakhir yang akan dirilis Google sebelum peluncuran versi resmi Android 11. Sebelumnya, Google sempat menunda peluncuran program beta selama sebulan karena pandemi Covid-19.

Versi Beta 2 dari Android 11 sebelumnya telah berhasil beroperasi dengan stabil pada platform gawainya, sehingga Beta 3 kali ini hanyalah versi perbaikan dan optimisasi dari Beta 2.

"Versi beta kali ini berfokus pada pemberian sentuhan akhir para pengembang pada aplikasi mereka sembari menunggu Android 11 (diluncurkan), termasuk API 30 SDK resmi dan build tools untuk Android," terang juru bicara Google pada sebuah pernyataan.

Satu-satunya update yang agak "besar" di versi beta ini adalah API pelacak kontak, Exposure Notification System kini dapat digunakan tanpa menyalakan setting lokasi pada perangkat gawai. Ini berbeda dengan OS maupun perangkat lainnya sebelumnya. Selain itu, tidak ada update lain yang mengejutkan di versi Beta 3 Android 11.

Perilisan versi beta secara bertahap dalam waktu yang panjang ini bertujuan memberi waktu ekstra kepada para pengembang aplikasi dalam menyiapkan aplikasi mereka untuk dapat digunakan dengan baik di versi resmi Android 11 nantinya.(*)

Related Articles
Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Belum Kondusif, Google Undur Perilisan Android 11

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya