Current Issues

Pemulihan Global Akan Lebih Cepat Jika Vaksin Covid-19 Tersedia untuk Semua

Dwiwa

Posted on August 7th 2020

Seluruh dunia mengalami guncangan ekonomi semenjak pandemi Covid-19 menyebar luas pada awal tahun lalu. Tujuh bulan berselang, dunia yang sempat lockdown mulai membuka diri, berharap bisa segera memulihkan kondisi perekonomian.

Dilansir dari Reuters, salah satu cara terbaik yang bisa ditempuh dunia untuk mempercepat pemulihan ekonomi adalah membuat Vaksin Covid-19 tersedia untuk semua orang. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam diskusi bedangan Forum Keamanan Aspen di AS yang dimoderatori NBC network.

“Berbagi vaksin atau peralatan lain sebenarnya membantu dunia untuk pulih bersama. Pemulihan ekonomi bisa lebih cepat dan kerusakan dari Covid-19 bisa lebih sedikit,” ujar Tedros.

Dia pun menekankan jika persaingan negara-negara dan para peneliti farmasi untuk menghasilkan vaksin yang efektif serta pemesanan dosis sebanyak mungkin di awal --bahkan sebelum terbukti-- bukanlah hal yang baik. “Nasionalisme vaksin tidak baik. Itu tidak akan membantu kita,” ujarnya.

Pada Senin (3/8) Tedros juga mengatakan jika virus corona adalah keadaan darurat kesehatan terbesar sejak awal abad ke-20. Selain itu, perlombaan internasional untuk menemukan vaksin juga belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kita harus memanfaatkan momen ini untuk bersatu dalam persatuan nasional dan solidaritas global untuk mengendalikan Covid-19. Tidak ada negara yang aman hingga kita semua aman,” ujarnya dalam forum di hari Kamis.

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan mempertanyakan tentang vaksin Rusia yang diusulkan. Dia mengatakan kepada panel jika data percobaan diperlukan untuk memastikan vaksin apapun aman dan efektif.

Ryan juga mengatakan pihak berwenang harus bisa mendemontrasikan kemanjuran vaksin virus corona melalui uji klinis tradisional dibanding penelitian “uji coba manusia”. Dia merujuk pada paparan virus yang disengaja pada relawan yang telah divaksin untuk melihat apakah vaksin bekerja.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Kamis bahwa ada kemungkinan negeri Paman Sam akan memiliki vaksin sebelum pemilihan umum pada 3 November. Perkiraan ini bahkan lebih optimis dibanding yang dibuat para pakar kesehatan Gedung Putih sendiri.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022

Current Issues
Pakar WHO Sebut Tes Harus Lebih Berperan Dalam Perjalanan Internasional

Current Issues
Virus Corona Disebut Menular Lewat Airborne, Ahli Sarankan untuk Matikan AC