Tech

Instagram Rilis Reels di Beberapa Negara, Seberapa Mirip Dengan TikTok?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 6th 2020


(Instagram)

Tepat Rabu (5/8) lalu, Instagram merilis fitur penantang TikTok. Namanya Reels. Memang bukan kejutan lagi bahwa perusahaan media sosial ini memang merencanakan adanya fitur video singkat ala-ala aplikasi buatan Tiongkok tersebut. Apalagi konon kabarnya fitur ini dirilis juga untuk menindaklanjuti ancaman pemblokiran TikTok di Amerika Serikat.

Reels diluncurkan di sejumlah 50 negara seluruh dunia. Pastinya negeri Paman Sam tersebut termasuk. Juga Inggris, Jepang, hingga Australia, baik untuk pengguna Android dan iOS.

Format dan fitur


(Instagram)

Fitur baru Instagram ini memungkinkan para penggunanya membuat video singkat berdurasi 15 detik dengan diiringi musik atau lagu tertentu. Mirip TikTok gitu deh.

Ada juga pilihan filter dan efek yang bisa langsung dipakai ketika membuat video. Pengaturan kecepatan hingga timer juga tersedia untuk mendukung pengambilan video singkat ini. Semua ini juga ada di aplikasi buatan perusahaan ByteDance, TikTok. Yang sedikit berbeda mungkin formatnya. 

Jangkauan video Reels


(Instagram)

Yang paling terasa berbeda adalah video-video dari Reels bisa dengan mudah kita buat melalui Instagram kita. Semudah bikin InstaStory atau post biasa. Kita juga bisa memilih untuk membagikan secara luas video tersebut. Kalau kita memilih pilihan itu, video kita punya potensi untuk masuk ke halaman explore pengguna Instagram lain.

Bentuk video Reels

(Instagram)

Video Reels terletak di menempati posisi paling atas di explore page dan punya gaya scrolling yang mirip dengan TikTok bagian for you page. Kita tinggal swipe ke atas aja untuk menonton video selanjutnya yang serupa dengan video pertama yang kita tonton.

Video singkat ala Instagram ini juga bisa kita pamerkan di feeds kita. Untuk Reels, Instagram menyediakan kolom khusus layaknya unggahan IGTV dan filter. Menariknya, formatnya mirip banget sih kayak punya aplikasi sebelah. Ada thumbnail berukuran 9:16 dan jumlah views.

Keputusan Instagram menjadikan Reels salah satu dari fitur media sosial tersebut bisa dibilang jenius banget. Kita nggak perlu pindah aplikasi buat bikin video singkat, semuanya ada di satu aplikasi aja. Durasi kita main media sosial ini jadi lebih lama deh, keuntungan perusahaan tersebut juga makin banyak. Pintar kan?

Video Reels juga dengan mudah menarik dengan cara pemasaran melalui explore page yang hampir setiap saat kita tengok. Semuanya direncanakan secara detail.

Kalau kita ingat-ingat lagi, sebenarnya bukan hal yang baru kalau media sosial satu ini membuat fitur baru dengan dari aplikasi yang hits. Ingat dong pas dulu InstaStory baru booming, sebelumnya kan ada Snapchat dengan fitur yang sama. Nah, kalau sudah ada di Indonesia, kalian bakal berpaling dari TikTok atau tetap nih? (*)

Related Articles
Tech
Instagram Rilis Remix, Fitur Duet Mirip TikTok buat Video Pendek di Reels

Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Current Issues
CEO TikTok Minta Bantuan Instagram dan Facebook Lawan Pemblokiran