Tech

Catat! 5 Fitur Baru Android 11 yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Dirilis

Delima Pangaribuan

Posted on August 4th 2020

(Android Central)

Sistem operasi versi terbaru Android, yakni Android 11, sudah di depan mata. Bentar lagi bakal diluncurin dan kita semua pecinta Android bisa menikmati fitur-fitur barunya. Nah, ada setidaknya lima fitur baru yang utama dan perlu banget kita tahu sebelum hijrah ke Android 11.

Untuk sementara, sekarang pengguna cuma bisa pakai Android 11 versi beta. Tapi dari situ kita bisa tahu fitur-fitur apa yang bakal jadi primadona nantinya saat Android 11 resmi rilis. Melansir CNET, lima fitur ini cuma sebagian kecil dari kecanggihan-kecanggihan yang akan jadi unggulan mereka. Apa aja tuh?
 
Pertama adalah Android 11 Quick Control. Fitur ini kasih kita kemudahan buat mengendalikan berbagai perangkat pintar lain yang terpasang sama HP kita. Cukup tekan agak lama tombol power dan nanti akan muncul quick control untuk smart home devices. Apa aja device yang mau kita masukin ke Quick Control ini juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan hati. 
 
Kedua adalah Messaging Bubbles. Fitur ini memungkinkan kita buat ngecek isi chat lewat Bubble aja atau tampilan mini di pojok layar. Jadi, kita gak perlu ngebuka aplikasi chat-nya secara full. Cukup klik Bubble ketika ada notifikasi chat yang masuk, nanti bakal muncul semacam pop-up window yang bisa kita geser ke posisi mana pun. Mau pojok kiri atas, kanan atas, bawah, bisa. Pokoknya ngga ngeganggu aktivitas kita di aplikasi lain.
 
Kalau ada pesan masuk dan Bubble ditekan agak lama, otomatis pesan itu akan ditandai sebagai pesan prioritas. Nah, pas lagi gak mau diganggu tapi gak pengen kelewat baca pesan juga, kita bisa pilih setting Do Not Disturb yang nantinya pesan-pesan itu bisa kita baca lagi.
 
Ketiga, ada fitur namanya App Suggestion. Begitu nanti kita aktifkan Android 11, di awal akan muncul semacam pemberitahuan bahwa kita bisa memilih memasang aplikasi yang disarankan di homescreen. Jadi ketika kita aktifkan fitur ini, maka aplikasi-aplikasi yang paling sering kita pakai dan prioritaslah yang muncul di layar depan.
 
Tapi, ada kemungkinan ada aplikasi yang sebenarnya jarang kita pakai tapi masuk terus ke dalam suggestion karena sudah termasuk bawaan Google. Misalnya GMail. Padahal kita pakai e-mail lain, misalnya.
 
Nah, kita bisa atur supaya suggestion aplikasi tersebut gak terus bermunculan dengan ngeblok aplikasi yang dimaksud. Cara ngebloknya cukup masuk ke Home Settings dan pilih Suggestions. Tekan aplikasi yang diinginkan agak lama dan pilih block
 
Keempat adalah fitur Music Control yang lebih mutakhir. Jadi di aplikasi pemutar musik nanti, bakal ada tambahan menu yang mempermudah kita buat nyambungin HP ke perangkat lain seperti speaker atau bud. Kita bisa mengganti pemutar musik dari satu device ke device lain cuma dengan satu klik saja.
 
Untuk versi beta, fitur ini nggak secara otomatis bisa dipakai. Harus masuk ke setting dulu dan pilih About Phone. Gulir layar ke bawah sampai Build Number dan tekan, tunggu sampai muncul notifikasi bahwa kita adalah developer.
 
Dari situ, kita masuk ke Developer Options lewat Setting dan pilih System. Kemudian pilih media resumption, nyalakan, dan reboot HP kita. Kalau sudah nyala lagi, kita bisa menggunakan media control untuk musik.
 
Kelima alias terakhir adalah Built-In Screen Recorder. Merekam kegiatan di smartphone makin hari kayaknya makin diminati sama pengguna. Lebih daripada cuma sekedar screenshot. Makanya di Android 11 nanti, bakal tersedia screen recorder bawaan. 
 
Cara mengaktifkannya, pilih Quick Setting atau klik ikon pensil di panel. Terus di menu Screen Record, pilih mau rekam audio aja atau aktivitas touchscreen. Kalau sudah selesai ngerekam, klik notifikasi Screen Record lagi dan rekaman layar kita bakal tersimpan secara otomatis.
 
Menarik ya fitur-fitur baru di Android 11. Rencananya Android versi baru ini akan diluncurkan Agustus ini. Kita tunggu aja tanggal mainnya. (*)
 
Artikel Terkait
Tech
Belum Kondusif, Google Undur Perilisan Android 11

Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!