Current Issues

Punya Face Shield di Rumah? Begini Cara Benar Membersihkannya

Dwiwa

Posted on August 4th 2020

Face shield telah menjadi salah satu aksesoris tambahan yang dapat membantu melindungi kita dari penularan Covid-19. Ketika digunakan bersamaan dengan masker, pelindung wajah ini akan meningkatkan keektifan perlindungan yang diberikan.

Para ahli pun telah merekomendasikan penggunaan face shields untuk mencegah penularan, terutama untuk orang-orang yang berada dalam kondisi berisiko tinggi terinfeksi seperti petugas kesehatan.

Selain bisa melindungi dari cipratan droplet, face shield juga mencegah orang untuk menyentuh wajah mereka. Seperti diketahui, penularan virus ini bisa terjadi jika droplet yang membawa virus SARS-Cov-2 masuk melalui permukaan mukosa yang terdapat pada mulut, hidung dan mata.

Nah, meski efektif untuk melindungi, face shield juga bisa menjadi media penularan yang efektif jika kalian tidak membersihkannya dengan benar. Sama halnya dengan masker, bagian depan face shields juga tidak boleh disentuh saat berada di depan umum atau selama digunakan karena mengandung banyak kontaminan.

Face shields sekali pakai dibuat hanya untuk digunakan satu kali. Sementara face shields reusable akan terkontaminasi setelah digunakan. Jadi, kalian harus membersihkannya setiap kali selesai digunakan.

Dilansir dari Good House Keeping, berikut saran dari Sherill Brown, direktur medis pencegahan infeksi di AltaMed Health Service di Los Angeles tentang cara yang benar dalam membersihkan face shield.

1. Kenakan sarung tangan bersih.
2. Bersihkan dari dalam keluar menggunakan air dan sabun. Hal ini akan membantu menjaga permukaan tetap bersih.
3. Bersihkan semua kotoran yang menumpuk di bagian luarĀ face shield.
4. Biarkan kering.
5. Gunakan disinfektan yang biasanya digunakan pada permukaan keras dan tidak berpori. Aplikasikan pada bagian depan dan dalam face shields, dan biarkan mengering seperti petunjuk pabrikan (rata-rata dibuat tetap basah selama minimal 4 menit).
6 Biarkan mengering di gantungan atau di kantong kertas yang bersih. Pastikan kalian mencuci tangan dengan sabun setelah melepas sarung tangan.

Gimana, siap praktek? Yuk dijaga agar face shield yang digunakan selalu bersih. (*)

Related Articles
Current Issues
Face Shield Tanpa Masker & Masker Berkatup Tak Efektif Cegah Penularan Covid-19

Current Issues
Masker Bedah Turunkan Risiko Penularan Covid-19 Hingga 75 Persen

Current Issues
Penelitian: Ternyata Orang Menolak Bermasker Kemampuan Kognitifnya Rendah!