Entertainment

Mulan, Lebih dari Sekedar Wanita Pemberani

Fidya Citra

Posted on August 14th 2018

 

Sosok Mulan yang diperankan Liu Yifei (Dok. Disney)

"Who is that girl I see, staring straight back at me?
Why is my reflection someone I don't know?
Somehow I cannot hide?" 

Potongan lagu Reflection yang dinyanyikan Christina Aguilera satu ini akan membawa kita kembali bernostalgia bersama salah satu Disney Princess yang badass dan membuktikan bahwa perempuan sama kuatnya dengan laki-laki. Yap! Dia lah Mulan. Setelah pada bulan November lalu, Disney mengumumkan nama Liu Yifei yang akan mengisi tokoh Mulan dalam film "Live Action" Mulan. Baru-baru ini Disney membocorkan sedikit sneak-peak film "Live Action" yang rencananya akan dirilis pada Maret 2020.

Kisah Mulan dalam film live action tidak akan berbeda jauh dengan kisahnya dalam film kartun. Mulan menyamar menjadi seorang laki-laki untuk menggantikan Ayahnya agar tidak perlu menunaikan wajib militer.

Usut punya usut kisah ini rupanya berasal dari kisah Tionghoa kuno, yang dituturkan dalam puisi berjudul "The Ballad of Mulan" dituliskan oleh Guo Maoqian. 

Meskipun Hua Mulan, sang tokoh utama dalam puisi maupun film tidak memiliki bukti arkeologis bahwa beliau adalah sosok yang nyata. Namun kisahnya terus diturunkan dari generasi ke generasi di Tionghoa.

Hua Mulan by Qiu Jin

Dalam Bahasa Tionghoa, “Huā” berarti "Bunga" dan “Mùlán” berarti magnolia. Bunga Magnolia adalah salah satu simbol negara Tionghoa sejak dahulu kala. 

Sejak namanya terukir di puisi "The Ballad of Mulan", sosoknya ditampilkan dalam berbagai bentuk seni salah satunya, drama. Pada tahun 1593 legendanya dimainkan dalam sebuah drama berjudul The Female Mulan atau The Heroine Mulan Goes to War in Her Father's Place. 

Kisah mengenai Mulan ini lahir karena pada abad 4 dan 5, Tiongkok mendapat serangan invasi dari kelompok etnis nomaden. Kelompok etnis ini memporak-porandakan Tiongkok sehingga mereka harus berperang hingga 3 abad lamanya. Perang yang tiada habisnya ini miskin akan harapan kemenangan. Maka dari itu, seorang tentara perempuan yang digambarkan dalam tokoh Mulan menjadi sebuah fenomena yang dapat menginspirasi tentara untuk turut berperang, dan tidak menyerah begitu saja.

(Dok. Disney)
Sosok Mulan bagi rakyat Tionghoa lebih dari sekedar wanita pemberani yang ingin membuktikan bahwa dirinya mampu. Mulan adalah seorang penyelamat, sumber inspirasi, dan harapan.
Related Articles
Entertainment
Rilis Trailer, Aladdin Live-Action Tuai Kontroversi?

Entertainment
Disney Makin Gencar Buat Film Live Action

Entertainment
8 Film Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di 2019

Meet The Creator



DBL Indonesia

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI