Tech

Crew Dragon Sukses Daratkan Kembali Bob dan Doug di Bumi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 3rd 2020

Misi gabungan NASA dan SpaceX tidak langsung selesai setelah dua astronot mereka, Bob Behnken dan Doug Hurley yang menumpangi kapsul Crew Dragon mendarat dengan selamat di ISS (International Space Station). Crew Dragon beserta dua astronot tersebut juga harus kembali ke bumi. Dan misi itu, syukurnya, berakhir dengan sukses juga.

Kembalinya dua astronot dan kapsul Crew Dragon tersebut merupakan bagian akhir dari Misi Demo-2. Behnken dan Hurley telah berdinasi di ISS selama dua bulan terhitung sejak mereka mendarat pada 30 Mei lalu.

Crew Dragon menunjukkan kinerja yang baik dalam Misi Demo-2. Mulai peluncuran, docking di ISS, undocking, de-orbit dan mendarat kembali ke bumi dengan mode otomatis. 

Behnken dan Hurley mendarat di perairan Meksiko dan dijemput tim SpaceX yang mengendarai kapal GO Navigator. Kapsul Crew Dragon diangkut pada Ahad (2/8), tepatnya pukul 3.18 waktu setempat, dan kemudian dibuka pada pukul 4.00 waktu setempat.

Meski ada beberapa kapal asing yang masuk ke lokasi penjemputan, dan itu melanggar protokol misi, SpaceX tetap melanjutkan misi mereka dengan sebaik mungkin tanpa hambatan berarti.

 

Dengan tuntasnya Misi Demo-2, NASA akan mencatatkan penerbangan Crew Dragon sebagai penerbangan manusia ke luar angkasa yang aman dan sesuai standar. Proses sertifikasi tersebut sepertinya tidak akan memiliki hambatan berarti, mengingat misi dengan Crew Dragon dan roket Falcon 9 sudah berlangsung dengan mulus dari awal hingga akhir.

Untuk seterusnya, Crew Dragon akan bertugas sebagai moda transportasi andalan Amerika Serikat untuk perjalanan luar angkasa ke ISS. Misi operasional lainnya, Crew-1, akan dilakukan pada akhir September mendatang, membawa 3 astronot NASA dan 1 astronot JAXA ke ISS. Mereka akan mempelajari ISS dari dekat.

Kerjasama NASA dengan SpaceX menandai babak baru dalam dunia peluncuran astronot NASA ke luar angkasa, karena SpaceX adalah satu-satunya perusahaan teknologi swasta yang mampu menjalin kerjasama dengan NASA untuk melakukan misi penerbangan luar angkasa.

Setelah SpaceX, Boeing dikabarkan akan menjadi partner komersial NASA yang kedua dalam memfasilitasi penerbangan astronot NASA di masa mendatang. (*)

 

Related Articles
Interest
Ada "Dinosaurus" Numpang di Penerbangan Luar Angkasa NASA x SpaceX

Tech
SpaceX dan NASA Akhirnya Berhasil Luncurkan Crew Dragon ke Luar Angkasa

Tech
Momen Bersejarah Dekade Ini, NASA dan SpaceX Kirim Dua Astronot ke Luar Angkasa