Current Issues

Kesepian Akibat Pandemi Memunculkan 6 Dampak Berbahaya. Ada yang Kamu Rasakan?

Dwiwa

Posted on August 2nd 2020

Pandemi Covid-19 telah mengurung kita semua dari bersosialisasi secara nyata. Aturan untuk di rumah aja dan menghindari kerumunan demi mencegah penularan membuat orang-orang tidak lagi bisa bebas nongkrong dan bertemu dengan teman-teman.

Sayangnya, dampak dari isolasi ini tidak hanya membuat risiko penularan bisa diturunkan. Ada dampak negatif yang turut muncul sebagai akibat dari isolasi yang cukup lama. Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut enam dampak buruk yang timbul akibat isolasi yang mungkin tidak kalian sadari.

1. Makan lebih banyak

Penjualan makanan ringan tampaknya semakin meningkat semenjak pandemi Covid-19 membuat banyak orang terkurung di rumah. Forbes melaporkan jika ada peningkatan penjualan pada keju dan makaroni Kraft pada awal pandemi. Perusahaan bahkan perlu menambah shift untuk memenuhi permintaan. Sementara New York Times juga melaporkan penjualan snack semacam kripik naik 23 persen.

2. Obesitas

Banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh, terutama makanan olahan, dapat meningkatkan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Mengunyah Oreo dan makanan enak lainnya dapat membuat berat bada meningkat. Apalagi jika ditambah kalian bermalas-malasan di rumah dan tidak banyak bergerak karena anjuran untuk di rumah aja.

3. Depresi

Sebuah ulasan di Journal of Clinical and Diagnostic Researc mengatakan jika depresi dan kesepian memiliki efek yang mirip seperti rasa sakit dan keputusasaan. Peneliti pun menyebut jika penting untuk memberi dukungan bagi mereka yang mengahadapi banyak waktu sendiri saat ini.

Orang-orang yang berusia lanjut, yang paling berisiko dengan Covid-19, pun disebut sebagai salah satu yang paling rentan. Tidak sedikit pula yang berubah menjadi tahanan rumah karena ketakutan akan tertular.

4. Gangguan Tidur

Penelitian yang dipublikasikan pada Mei lalu menemukan jika gangguan tidur meningkat karena Covid-19 dan pandemi kesepian. Risiko tertular virus membuat orang stres memikirkan kesehatan mereka dan orang-orang terdekat. Ini memicu gangguan tidur seperti insomnia karena otak jadi lebih aktif.

5. Gangguan Jantung

Menurut Harvard Health, kesepian dapat menyebabkan penyakit jantung dalam tingkat yang sama dengan merokok. Ya, jika kalian kesepian, terutama selama pandemi, risiko kalian terkena serangan jantung atau stroke dapat meningkat.

6. Sistem Imun yang Lemah

Kesepian dapat melemahkan sistem imun yang bertanggung jawab memerangi penyakit. Penelitian menemukan jika stres atau sedih meningkatkan peradangan di tubuh, yang dapat bertahan beberapa lama dan merusak sistem imun.

Waduh, gawat juga ya ternyata dampak dari kesepian selama pandemi. So, meski di rumah aja, jangan sampai merasa kesepian yah. Kalian masih bisa kok menghubungi keluarga, sahabat, atau melakukan hobi-hobi lain yang bisa membantu mengurangi rasa kesepian akibat tidak bisa nongkrong.  (*)

Related Articles
Current Issues
Anak Muda Sehat Pun Butuh Waktu Berminggu-minggu Sembuh dari Covid-19 Ringan

Current Issues
Vitamin D Dosis Tinggi Tidak Akan Menyembuhkan dan Mencegah Covid-19

Current Issues
Kepala BNPB Ungkap Banyak Orang Jakarta dan Jawa Timur Percaya Kebal Covid-19