Current Issues

Dinilai Mengancam Keamanan Nasional AS, Microsoft Akan Beli TikTok?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 1st 2020


(Tek Deeps) 

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berencana akan meminta perusahaan yang menaungi TikTok, ByteDance, untuk menjual kepemilikan aplikasi video singkat tersebut, seperti yang dilansir dari Bloomberg.

Proses ini melibatkan dewan penanaman modal asing di Amerika Serikat. Dewan ini akan memaksa ByteDance melepaskan kepemilikan TikTok di negeri Paman Sam. Persis seperti yang mereka lakukan pada aplikasi kencan asal Tiongkok, Grindr.

TikTok memang menuai kesuksesan sangat besar di AS. Para remaja hingga figur publik ternama ikut terkena demam TikTok. Namun, konflik antara Beijing dan Amerika Serikat menimbulkan adanya kecurigaan bahwa Tiongkok memata-matai negara pimpinan Donald Trump tersebut melalui perangkat lunak atau perangkat keras buatan mereka. Salah satunya TikTok. Dampak yang sudah terasa tentu pemblokiran teknologi Huawei. 

Sebelumnya, awal bulan ini sekretaris negara Amerika Serikat, Mike Pompeo, berkata bahwa negara mereka sedang mempertimbangkan untuk memblokir TikTok. Ia menegaskan, kebijakan tersebut tidak main-main.

Menanggapi isu pemaksaan penjualan kepemilikan ini, juru bicara TikTok buka suara kepada The Verge. “Kami tidak memberikan komentar pada isu atau spekulasi, dan kami optimis dengan masa depan TikTok. Ratusan juta orang memanfaatkan aplikasi kami untuk mencari hiburan, memperluas jejaring sosial, bahkan para kreator dan seniman menjadikan TikTok sumber pendapatan.”

Memang benar, jangkauan TikTok yang sangat luas mampu memberikan ketenaran pada siapapun, tak jarang pula dimanfaatkan untuk media promosi usaha kecil.

Juru bicara tersebut melanjutkan, “Kami termotivasi dengan kreativitas dan berkomitmen akan menjaga privasi dan keamanan selagi kami melanjutkan untuk menghasilkan manfaat bagi para pengguna,” tambahnya.

Pemerintah Amerika Serikat memang sejak lama meragukan keamanan aplikasi satu ini. November lalu, dewan penanaman modal asing di Amerika Serikat melakukan peninjauan keamanan nasional terhadap TikTok. Mereka mencari apakah aplikasi ini memang memberikan data pada pemerintah Tiongkok. TikTok sendiri berkali-kali menyangkal tuduhan tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, rencana ini akan diumumkan pada Jumat mendatang waktu setempat. Sementara FoxNews melaporkan, perusahaan yang membeli TikTok kemungkinan raksasa teknologi yang didirikan Bill Gates, Microsoft. Wah, gimana ya nasib TikTokers di Amerika Serikat kalau rencana ini memang benar? (*)

Related Articles
Tech
Ini Alasan Microsoft Harus Beli TikTok Selain Dorongan Politik

Current Issues
Ada Diskusi Tersembunyi, Twitter Diam-Diam Mau Beli TikTok?

Tech
TikTok Resmi Diblokir AS, Pengguna Nggak Tertarik Beralih ke Aplikasi Lain