Current Issues

Hamtaro Jadi Maskot Demonstran Pro-Demokrasi Thailand

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 30th 2020

Sama seperti Amerika Serikat, Thailand saat ini tengah dilanda aksi protes massa, namun dengan isi tuntutan yang berbeda. Masyarakat Thailand meramaikan jalanan Bangkok demi menuntut pemerintah untuk merombak sistem pemerintahan mereka menjadi demokrasi. Uniknya, massa aksi unjuk rasa tersebut membaiat Hamtaro sebagai maskot mereka.

Pemilihan karakter anime hamster lucu ini bukan tanpa alasan. Aksi protes masyarakat Thailand kerap melantunkan yel-yel parodi soundtrack Hamtaro yang liriknya diubah untuk menyindir pemerintah mereka.

Salah satu lirik yel-yel tersebut berbunyi: makanan yang paling lezat adalah uang para pembayar pajak. Potongan lirik ini sepertinya menggantikan potongan teks "Apa yang paling dia sukai? Biji bunga matahari" dalam versi Indonesia lagu Hamtaro.

Tuntutan massa ini adalah pembubaran parlemen Thailand. Salah satu peserta protes yang berusia 19 tahun mengatakan saat diwawancarai bahwa pemilihan maskot Hamtaro tersebut bertujuan agar kampanye mereka, termasuk yel-yel parodi tersebut menjadi viral. Dan hal tersebut sepertinya terbukti. Berita tentang aksi protes tersebut banyak beredar di media sosial.

"Kami semua takut, tapi inilah saat yang tepat untuk mulai bersuara," ujar pelajar 19 tahun tersebut. "Kami membutuhkan perubahan sekarang juga."

Senada dengan pernyataan tersebut, peserta aksi yang lain mengatakan jika ini adalah cara yang mereka lakukan sebagai generasi baru di Thailand. "Kami melakukannya (protes) dengan cara yang berbeda agar dapat terjadi perubahan," tuturnya.(*)

Related Articles
Current Issues
Setelah Hamtaro, Demonstran Pro-Demokrasi Bangkok Ganti Tema Jadi Harry Potter

Current Issues
Asyik, Thailand Berencana Buka Pintu untuk Turis Asing Mulai Minggu Depan

Current Issues
Thailand Sembuhkan Coronavirus dengan Campuran Obat Flu dan HIV