Tech

Xiaomi Rilis Konsep Earbud Nirkabel yang Bisa "Dimasukkan" ke Ponsel

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 30th 2020

Xiaomi sepertinya hendak membawa desain earbud nirkabel ke level lebih tinggi. Kali ini, perusahaan ponsel pintar asal Tiongkok itu telah mematenkan sebuah konsep earbud yang bisa dimasukkan ke dalam ponsel.

Konsep tersebut menunjukkan jika sepasang earbud ini akan dapat diselipkan di bagian atas ponsel Xiaomi. Bagian ujung earbud tersebut dapat dibelokkan ke arah atas saat dimasukkan ke ponsel. Konsep ini menunjukkan dwifungsi earbud, yaitu sebagai alat bantu dengar dari jarak jauh yang terbatas sekaligus sebagai loudspeaker saat ia dilekatkan ke ponsel.

Konsep Xiaomi ini menuai beragam tanggapan dari warganet, dengan sebagian besar orang mempertimbangkan faktor higienisitas earbud yang akan sangat mungkin terpapar tangan, kantong dan lain sebagainya selama ia dilekatkan di ponsel.

Selain itu, kritik lainnya tentang desain earbud ini berkaitan dengan efisiensi ruang pada perangkat ponsel xiaomi. Selama ini ada banyak ponsel yang menyingkirkan post headphone 3.5 milimeter agar ada ruang yang lebih besar untuk baterai, mengingat daya tahan baterai adalah salah satu isu yang menjadi titik berat pengembangan ponsel pintar.

Pembuatan ruang ekstra untuk meletakkan earbud dinilai akan mempengaruhi ruang untuk baterai ponsle Xiaomi di masa mendatang.

Di sisi lain, fitur terbaru ini akan dapat sangat membantu pengguna yang pelupa dan kerap meletakkan earbud mereka di sembarangan tempat. Menemukan earbud akan jadi lebih gampang berkat fitur ini, dengan syarat pemilik tidak lupa dimana dia meletakkan ponselnya.

Inovasi Xiaomi dengan earbud-nya ini nyatanya tetap membawa angin segar kepada industri ponsel pintar, mengingat belakangan banyak produsen ponsel yang progress-nya terhambat karena Covid-19. (*)

 

Related Articles
Tech
Google Rilis Versi Beta 3 Android 11

Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya