Tech

Trik Ampuh Biar Bisa Kirim File Besar Lewat WhatsApp

Dwiwa

Posted on July 30th 2020

WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Penggunaannya yang terbilang mudah dan sederhana membuat orang tua maupun anak muda menjadikannya sebagai platform perpesanan utama di ponsel mereka.

Tapi sayangnya, ada beberapa kelemahan yang membuat para pengguna cukup kerepotan saat menggunakan aplikasi ini. Terutama ketika harus mengirimkan file dengan ukuran besar. Sebab secara bawaan, aplikasi ini hanya mengijinkan pengguna berbagi file yang berukuran hingga 100 MB.

Sementara untuk video yang direkam menggunakan WhatsApp maksimal berukuran 16 MB. Jika pengguna mengirim file yang lebih besar, akan muncul pesan error yang menandakan file tidak bisa dikirim. Tapi tenang, selalu ada solusi untuk setiap masalah teknologi.

Jika kalian perlu mengirim file besar lewat aplikasi perpesanan milik Facebook ini, ada trik jitu yang bisa digunakan lho. Caranya adalah dengan memanfaatkan Google Drive. Kalian cukup menyimpan file di Google Drive dan membagikan linknya.

Nah, biar nggak bingung, begini cara lengkap memanfaatkan Google Drive untuk mengirim file besar seperti dilansir dari Hindustantimes berikut.

1. Buka Google Drive.

2. Ketuk ikon plus (+) di sudut kiri layar.

3. Ketuk Unggah File kemudian ketuk pada opsi buka.

4. Saat file telah berhasil diunggah, file tersebut akan masuk dalam aplikasi Google Drive.

5. Ketuk pada tiga titik di sudut kanan file.

6. Ketuk pada opsi Bagikan kemudian pilih Copy Link. Hal ini akan membuat tautan file tersalin dan dapat dibagikan ke orang lain.

7. Buka WhatsApp, ketuk nama kontak yang ingin kalian kirimi file.

8. Ketuk lama lalu pilih paste.

9. Tautan link dari Google Drive akan muncul dan kalian hanya perlu menekan tombol kirim untuk membagikannya. (*)

Related Articles
Interest
WHO Chatbot untuk Coronavirus Resmi Meluncur di WhatsApp

Tech
Facebook Luncurkan CatchUp, Aplikasi Khusus Untuk Telepon

Tech
Asyik, Empat Fitur Terbaru Ini Bakal Manjakan Pengguna WhatsApp