Tech

Fitur Grup Spotify Kini Bisa Diakses dari Jarak Jauh

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 29th 2020

 

Fitur group session selama ini memang sudah ada di Spotify, tapi dengan kuota pengguna terbatas. Selain itu, perangkat yang menggunakan fitur ini harus berdekatan alias tidak remote. Fitur yang merupakan bagian dari party mode ini kali ini di-update dengan menghapuskan dua kekurangan tersebut.

Pengguna Spotify premium kini dapat menggunakan fitur group session dengan lebih maksimal karena adanya remote setting. Penyesuaian ini dilakukan untuk membantu pengguna Spotify yang terpisah jarak dan tidak bisa berkumpul di satu tempat bersamaan karena pandemi Covid-19.

Fitur group session pertama kali diluncurkan pada Mei lalu. Fitur ini mengizinkan para pengguna Spotify untuk mendengarkan lagu atau podcast yang sama pada beberapa perangkat yang berbeda sekalipun, dengan syarat para penggunanya harus berada dalam jangkauan perangkat tersebut. Para pengguna Spotify juga harus memindai kode bar tertentu untuk bisa bergabung dengan group session.

Group session dapat menampung hingga lima pengguna Spotify dalam satu grup. Untuk bisa bergabung, selain harus memiliki akun Spotify premium, pengguna juga perlu bergabung dengan mengklik join pada link yang dibagikan via aplikasi berkirim pesar, SMS atau sosial media.

Link ini dapat diakses lewat menu connect yang ada di bagian kiri bawah layar play di aplikasi Spotify, lalu masuk ke menu Start a Group Session. Mereka yang menerima link ajakan akan dapat langsung bergabung ke grup tersebut setelah mengklik join.

Pengguna Spotify yang membuat Group Session dapat memilih pause, play, skip dan memilih lagu, dan perintah yang sama akan terjadi pada akun Spotify lain yang terhubung di grup. Group Session awalnya dikembangkan untuk fungsi sosial Spotify, jauh sebelum terjadi pandemi.

Selain itu, ini adalah usaha Spotify untuk menarik lebih banyak orang untuk membuat akun premium. Seterusnya, daya tampung grup tersebut akan bergantung kepada jumlah pelanggan akun premium tersebut.

Fitur Group Session masih berada dalam tahap beta, sehingga masih dalam tahap uji coba dan pengembangan. Fitur ini untuk sekarang dapat diakses oleh pemilik akun Spotify Premium di seluruh dunia, termasuk Indonesia. (*)

 

Related Articles
Tech
Satukan Banyak Episode Jadi Playlist Simpel, Spotify Rilis 'Your Episodes'

Tech
Spotify Uji Coba Video Podcast untuk Pertama Kalinya, Saingi YouTube?

Tech
Spotify Rilis Fitur What’s New, Feed yang Rangkum Info Lagu dan Podcast Baru