Current Issues

Gelombang Pertama Masih Berlanjut, WHO Peringatkan Covid-19 Bukan Musiman

Dwiwa

Posted on July 29th 2020

Musim panas sudah berlangsung selama beberapa minggu di belahan bumi utara. Tetapi virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan Covid-19 tampaknya tidak terpengaruh. Jumlahnya masih terus meningkat dan bahkan sudah menembus angka 16,5 juta kasus di seluruh dunia.

Kondisi ini membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan orang-orang jika Covid-19 bukanlah penyakit musiman seperti influenza. Mereka menggambarkan pandemi Covid-19 sebagai sebuah gelombang besar dan meminta orang-orang untuk tetap waspada.

Dilansir dari Reuters, WHO sendiri enggan untuk menyebut kembalinya kasus Covid-19 di beberapa negara seperti Hong Kong sebagai “gelombang” karena ini sama artinya dengan virus berperilaku diluar kontrol manusia. Padahal faktanya, tindakan bersama dapat membantu memperlambat penyebaran.

“Kita masih di gelombang pertama. Ini akan menjadi gelombang yang besar. Akan ada kenaikan dan penurunan sedikit. Cara terbaik adalah dengan membuatnya rata dan mengubahnya menjadi sesuatu yang dikendalikan di bawah kaki kita,” ujar juru bicara WHO Margaret Harris.

Menggunakan contoh tingginya kasus di puncak musim panas Amerika Serikat, diapun mendesak agar orang-orang semakin waspada dalam menerapkan protokol kesehatan dan memperingatkan untuk menghindari pertemuan massa.

“Orang masih berpikir soal musim. Apa yang perlu kita pahami adalah virus ini baru dan memiliki perilaku yang berbeda. Musim panas adalah masalah. Virus ini suka semua cuaca,” tambahnya.

Harris pun menekankan untuk dilakukan pengujian secara lebih masif untuk mengetahui dimana saja outbreak mungkin terjadi. “Kami melakukan segala cara untuk mendorong negara melakukan tes karena ini sangat penting. Kalian tidak tahu dimana outbreak jika tidak melakukan tes. Kami juga mendorong negara-negara untuk memperluas akses dan ketersediaan pengujian,” tambahnya seperti dilansir dari situs resmi PBB. (*)

Related Articles
Current Issues
WHO: Tidak Ada Bukti Tes Antibodi Tunjukkan Tubuh Kebal Terhadap Coronavirus

Current Issues
WHO: Tak Ada Bukti Orang Sembuh dari Covid-19 Jadi Kebal terhadap Infeksi Kedua

Current Issues
Vaksin Covid-19 Buatan Tiongkok Baru Siap untuk Publik Tahun Depan