Entertainment

Album Taylor Swift 'Folklore' Pecahkan Rekor 'Thank U, Next' Ariana Grande!

Delya Oktovie Apsari

Posted on July 27th 2020

 

Who doesn't like pleasant surprise? Definitely not Swifties! Penggemar Taylor Swift sedang berbahagia. Album yang dirilis dadakan oleh Taylor Swift berjudul folklore tersebut memecahkan berbagai rekor!

Forbes melaporkan bahwa di hari yang sama ketika album berisi 16 track tersebut dirilis, folklore menggaet lebih dari 80 juta stream di Spotify! Prestasi ini menjadikan Taylor Swift sebagai musisi perempuan dengan debut terkuat di platform tersebut. Rekor sebelumnya dipegang oleh Ariana Grande lewat albumnya thank u, next pada tahun 2019. Album tersebut mendapat 70,2 juta stream.

Tak hanya itu, folklore memuncaki debut stream terbesar Spotify di tahun 2020. Album ke-8 Taylor Swift ini mengalahkan Legends Never Die dari Juice WRLD, yang mengantongi 73 juta stream pada peluncurannya.

 

 

Selain menguasai dunia musik digital, album fisik folklore juga terjual lebih dari 1,3 juta kopi di seluruh dunia dalam 24 jam. Pencapaian macam ini memang bukan hal baru bagi Taylor Swift. Album sebelumnya di tahun 2019, Lover, turut memecahkan rekor penjualan pada minggu pertamanya.

Tak seperti album-album sebelumnya, perilisan folklore sangat tiba-tiba. Taylor Swift sama sekali tidak memberikan petunjuk tentang album yang ia garap selama pandemi itu. Ia bahkan memberitahu pada fans tentang folklore 12 jam sebelum album diluncurkan. Fans pun menganggap album ini hadiah dari Taylor Swift, sebagai pengganti tur yang gagal digelar. (Baca juga: Taylor Swift Sedih Terpaksa Batalkan Konser 'Lover' Tahun ini Akibat Coronavirus)

"Sebelum tahun ini aku mungkin bakal berpikir panjang tentang kapan aku akan merilis musik ini di saat yang 'sempurna', tapi waktu yang kita jalani saat ini terus mengingatkanku bahwa tidak ada hal yang terjamin [...] Instingku mengatakan bahwa jika kamu membuat sesuatu yang kamu cintai, kamu harus menunjukkannya pada dunia. Itu merupakan sisi dari ketidakpastian yang bisa aku jalani." Tulis Taylor Swift di Instagramnya. (*)

Related Articles
Interest
Dengerin deh: Rekomendasi Lagu Selama Social Distancing Sesuai Zodiakmu

Entertainment
Hanya Dalam Sehari, Album “Folklore” Taylor Swift Laku 1,3 Juta Kopi

Entertainment
8 Fakta Unik Tentang Album Terbaru Taylor Swift ‘Folklore’