Lifestyle

Takut Menyinggung Lawan Bicara? Coba Trik Ini untuk Mulai Obrolan yang Sulit

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 27th 2020


(Freepik) 

Kadang kita dihadapkan dengan situasi yang rumit dan harus dibicarakan dengan orang lain. Misalnya ketika galau mau masuk universitas tapi orang tua mendorong untuk masuk ke jurusan tertentu, atau tindakan-tindakan kecil yang kelihatan sepele tapi mengganggu banget.

Mungkin kita bisa menghindarinya untuk sementara. Tapi masa mau sih memendam perasaan terus? Mungkin maksudnya menghindari perselisihan karena beda pendapat, tapi justru dengan jujur dengan apa yang kita rasakan, kemungkinan untuk mempererat hubungan justru lebih tinggi lho! Lawan bicaramu merasa dipercaya, dan kamu juga lega.

Nah, gimana ya biar kita bisa mengutarakan perasaan kita tanpa menyinggung pihak tersebut? Psikolog asal New York bernama Elizabeth Cohen punya tips untuk memulai percakapan yang sulit. Tipsnya adalah melakukan “teknik sandwich”!

Bukan berbicara sambil makan sandwich ya. Teknik berbicara ini dimulai dengan selembar roti, lapisan daging dan sayuran, lalu roti lagi.

Lembaran roti pertama adalah kita mengawali percakapan dengan kalimat apresiasi. Harus jujur ya, jangan cuma biar orangnya senang. Sebutkan sesuatu yang spesifik tentang apa yang orang tersebut telah lakukan pada kita.

Misalnya, “Aku senang banget mama peduli dengan masa depanku, sampai mencari informasi tentang universitas yang cocok buat aku.”

Setelah itu ada lapisan daging dan sayuran. Katakan dengan jelas apa yang kamu butuhkan dari orang tersebut dan jujur dengan perasaanmu ketika ia melakukan hal yang mengganggumu.

Misalnya, “Tapi aku capek disodori berbagai universitas terus, Ma. Jumlah yang mama kasih banyak banget dan kegiatan info kampus tersebut justru mengganggu waktu belajarku. Sebenarnya aku sudah punya bayangan mau ke kampus mana, jadi aku pengin mama bisa dukung kampus pilihanku saja.”

Yang terakhir, tambahkan lapisan roti lagi atau kalimat apresiasi tambahan. Kalau di contoh tadi, bisa dengan, “Aku tahu mama memang berniat membantu dan benar-benar peduli sama aku. Aku terima kasih banget!”

Nah, itu dia dasar-dasar dari teknik sandwich. Mungkin butuh waktu untuk bisa mempraktikkan ini dengan baik ke semua orang di sekitar kita, tapi mulai untuk jujur adalah langkah awal yang bagus banget. Good luck! (*)

Related Articles
Lifestyle
Caspering, Gak Terlalu Menyakitkan Dibanding Ghosting dalam Hubungan

Lifestyle
5 Tips Berkomunikasi Lebih Lancar biar Nggak Muncul Salah Paham

Lifestyle
Suka Nge-Snooze Alarm Pas Bunyi? Ada Kabar Buruk Nih