Entertainment

8 Fakta Unik Tentang Album Terbaru Taylor Swift ‘Folklore’

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 26th 2020

(Universal Music)

 

Taylor Swift menggemparkan dunia musik dengan album dadakannya. Jumat (24/7) lalu ia tiba-tiba merilis Folklore, album dengan 16 lagu yang berhasil merebut hati para Swifties.

Meski masih baru banget dirilis, album satu ini sudah menuai banyak reaksi positif dan prestasi mencengangkan. Penyanyi kelahiran 31 tahun lalu ini seakan membuktikan kemampuannya sebagai ratu pop dengan kemampuan bernyanyi, menulis lirik, dan menyutradarai video musik. Benar-benar paket lengkap untuk industri musik kan?

Mau tahu fakta-fakta menarik lain tentang Folklore? Yuk simak beberapa di antaranya berikut ini!

 

1. Folklore adalah kisah sedih, indah, dan tragis

Mirip dengan arti kata ‘folklore’ yang berarti cerita rakyat, Taylor Swift sendiri menyebut album ini sekumpulan kisah fantasi yang terkadang sulit dipisahkan dengan keadaan nyata. Sesuai banget dengan vibes musiknya yang lebih slow dan menenangkan, bukan upbeat seperti album sebelumnya.

 

2. Hampir semua lagu ditulis selama masa karantina

Kalau kita sibuk bikin TikTok atau coba resep masakan, pelantun 22 ini justru produktif menghasilkan karya musik. “Aku menulis beberapa hal sebelum masa karantina, namun kebanyakan dibuat ketika lockdown.  Aku memulainya di bulan April,” katanya.

 

3. Lagu My Tears Ricochet adalah lagu yang ditulis pertama

Lagu dengan lirik super sedih ini ternyata lagu yang pertama ia tulis di antara lagu-lagu lainnya. Beberapa penggemar berspekulasi kalau lagu ini sebenarnya mengangkat kisah personal sang bintang pop, yaitu masalah antara dirinya dan Scott Borchetta, pemilik label musik yang dulu menaungi Taylor.

 

4. Cardigan bercerita tentang cinta yang tidak terwujud

Ngomongin tentang inspirasi dari lagu utama album kedelapan sang penyanyi pop ini, ternyata lagu Cardigan bercerita tentang cinta yang tak terwujud. “Lagu ini mengisahkan tentang cinta yang nggak kesampaian dan mengapa cinta masa muda terkadang melekat banget di ingatan kita.”

 

5. Taylor menyutradarai dan mengambil gambar video musik Cardigan ketika pandemi

Shooting selama karantina terasa tidak biasa. Kita harus mematuhi protokol kesehatan, mulai dari mengenakan masker, sarung tangan, dan pelindung wajah. Masker dan sarung tangan adalah barang wajibku, jadi semua juga harus mengenakannya,” kata penyanyi asal Pennsylvania ini dilansir dari PopSugar.

 

6. Tiga lagu dalam Folklore menggambarkan kisah cinta segitiga dari perspektif masing-masing

 

“Ada tiga lagu yang aku buat untuk menceritakan sebuah kisah cinta segitiga remaja,” jelas pemilik album Red ini. Walaupun gak secara langsung menyebutkan apa aja tiga lagu itu, Swifties memperkirakan bahwa tiga lagu itu adalah Betty, Cardigan, dan August.

 

7. Taylor Swift merahasiakan album ini dari semua orang, bahkan temannya

Seluruh dunia aja gempar karena album satu ini muncul tanpa kode-kode, tapi ternyata bukan hanya dunia yang kaget, namun juga orang-orang terdekat Taylor. “Nggak ada yang tahu aku lagi membuat sebuah album,” katanya. “Aku bahkan tidak memberi tahu teman-temanku sampai di malam pengumuman. Album ini adalah rahasiaku sendiri dan aku gak pernah bikin musik dengan begini sebelumnya.”

 

8. Berhasil mendominasi tangga lagu aplikasi streaming

Dalam waktu singkat, lagu ini berhasil menyabet status debut terbesar dari artis wanita dengan lebih dari 80,6 juta kali didengar melalui aplikasi Spotify. Bahkan seisi album, sejumlah 16 lagu, sempat bertengger di tangga lagu Spotify Amerika Serikat urutan pertama sampai enam belas. Waduh, diborong nih!

 

 

Big 5 tangga lagu global Spotify juga sempat diduduki oleh lagu-lagu dari album satu ini. Memang ya, kekuatan para Swifties ini gak bisa diremehkan.

Nah, itu dia deretan fakta menarik tentang album Folklore milik Taylor Swift. Lagu apa nih yang jadi favorit kalian? (*)

Related Articles
Entertainment
Taylor Swift Rilis Album ‘Folklore’ Tiba-Tiba, Bikin Fans Kaget Setengah Mati

Entertainment
Terungkap! 8 Fakta Tersembunyi dalam Video Musik ‘Cardigan’ Taylor Swift

Entertainment
Taylor Swift Pamer Isi Lemari, Isinya Merchandise Cardigan ‘Folklore’ Semua!