Sport

Pemain dan Penonton NBA Bakal Tetap Bisa Berinteraksi Saat Musim Berlanjut

Dwiwa

Posted on July 25th 2020

Kabar gembira buat para penggemar NBA di seluruh dunia. Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, kalian tetap bisa menonton pertandingan NBA secara langsung lho. Bahkan kalian bisa memberikan dukungan di lapangan kepada tim favorit kalian.

Tapi tentu saja kali ini kalian tidak bisa mencium aroma keringat kemenangan maupun kekalahan saat menonton pertandingan. Sebab, kehadiran kalian di lapangan pertandingan hanya secara virtual, bukan fisik seperti biasanya.

Dengan menggunakan Together Mode milik Microsoft Team, NBA akan menempatkan para penggemar bola basket di tepi lapangan dalam sebuah pengalaman virtual sepanjang pertandingan.

Mode ini akan dikombinasikan dengan layar LED setinggi 17 kaki yang akan melingkupi lapangan pertandingan untuk mengembalikan penggemar di sekeliling pemain.

Penggemar akan dapat bereaksi secara real time dan pemain pun dapat melihat dan mendengar reaksi mereka. Pengalaman virtual ini akan melibatkan lebih dari 300 penggemar menggunakan Together Mode untuk duduk bersebelahan secara virtual di Microsoft Team.

"Ini adalah pengalaman baru yang pertama disiarkan langsung sebagai hasil kemitraan NBA/Microsoft. Membuat para penggemar tetap bisa merasakan duduk bersebelahan ketika menonton pertandingan secara langsung tanpa harus meninggalkan rumah yang aman dan nyaman. Sementara para pemain akan merasakan energi dan dukungan mereka ketika men-dribble bola di lapangan dan melihat reaksi penggemar secara langsung," ujar Jared Spataro, kepala Microsoft 365.

Meski hanya secara virtual, potensi kerusuhan juga bisa muncul ketika tiba-tiba ada penggemar yang berulah ketika pertandingan berlangsung. Untungnya, NBA memiliki anggota yang siap untuk berpartisipasi dalam daftar panggilan dan akan menendang partisipan yang bertindak tidak sopan atau mengganggu.

ESPN dan Turner Sport yang menyiarkan pertandingan juga mengubah posisi kamera dan memasukkan sudut pandang baru untuk para penggemar yang menonton dari rumah. Akan ada pula mikrofon di sekitar lapangan yang merekam decitan sepatu dan pantulan bola yang biasa kita dengar.

Bersama dengan pengalaman Microsoft Team, penggemar juga dapat memberikan sorakan dukungan secara virtual menggunakan aplikasi NBA. Sorakan dukungan virtual ini akan muncul di papan video selama pertandingan dengan animasi.

Kerja sama NBA dan Microsoft ini mulai dijalin pada awal tahun. Microsoft menandatangani perjanjian multitahun dengan NBA untuk menjadi penyedia resmi kecerdasan buatan (AI), cloud, dan laptop untuk liga tersebut.

Ini adalah contoh besar dari kesepakatan tersebut, dan kedepan kita juga akan melihat NBA menggunakan platform Microsoft Azure untuk menyiarkan pertandingan basket secara langsung dan sesuai permintaan (on-demand).

Apa yang dilakukan NBA ini merupakan bagian dari sejumlah inovasi yang dilakukan oleh dunia olahraga di seluruh dunia untuk menciptakan pengalaman penggemar virtual.

Fox Sports juga membawa “penggemar virtual” ke siaran Major League Baseball pada Sabtu, menggantikan kursi kosong dengan penggemar CGI dan suara keramaian palsu. Musim NBA sendiri direncanakan akan kembali bergulir pada 30 Juli mendatang setelah sempat berhenti sejak Maret akibat pandemi Covid-19. (*)

Related Articles
Sport
Cegah Coronavirus NBA Keluarkan Opsi Laga Tanpa Penonton, LeBron James Keberatan

Tech
Microsoft Memperluas Jangkauan Xiaoice Mereka Hingga ke Indonesia

Sport
Ini Tiga Opsi Memainkan Kembali NBA