Tech

Pendapatan Menurun, Twitter Rencanakan Layanan Berbayar

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 25th 2020


(Pixabay) 

Twitter kini punya lebih dari 186 juta pengguna harian, meningkat sekitar 20 juta dari Januari hingga Maret lalu. Namun sayang, pendapatan media sosial satu ini justru turun drastis selama April hingga Juni tahun ini. Pendapatan yang berasal dari keuntungan pemasangan iklan ini menurun sebanyak 23 persen dibandingkan tahun lalu.

Angka tersebut sangat besar lho untuk keberlangsungan suatu perusahaan. Twitter kini mencari cara alternatif untuk menjaga ketahanan bisnis mereka. Salah satu cara tersebut adalah rencana adanya layanan berbayar untuk para pengguna Twitter. Waduh!

Penurunan pendapatan ini dianggap sebagai salah satu dampak keadaan politik di Amerika Serikat yang lagi kurang stabil. Sehingga mendorong para pemilik usaha besar untuk menghentikan iklan di media sosial.

Dilansir dari The Verge, sebenarnya para perusahaan seperti Starbucks, Unilever, dan Coca-Cola ini hanya mencabut iklan dari aplikasi Facebook. Namun akhirnya meluas hingga ke media sosial lain pula. Ditambah lagi banyak perushaan yang memang mengurangi pengeluaran akibat menurunnya konsumsi masyarakat akibat pandemi.

CEO Twitter Jack Dorsey berkata, perusahaannya akan melakukan serangkaian tes dalam layanan berbayar ini. Kebijakan ini masih dalam tahap awal dan belum ada informasi lebih detail mengenai bentuk dari layanan berbayar ini.

Beberapa pihak memperkirakan bahwa Twitter akan membuat versi berbayarnya menjadi tanpa iklan, seperti yang sudah dilakukan YouTube.

Desas-desus mengenai layanan berbayar ini memang sudah tercium sejak awal Juli lalu, ketika Twitter mengunggah sebuah lowongan pekerjaan untuk tim bernama Gryphon, tim yang akan membangun sistem berlangganan untuk media sosial satu ini. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Bakal Rilis Fitur Newsletter, Langganan Koran dari Kreator Favorit

Tech
Twitter Rancang Layanan Berlangganan, Akankah Jadi Medsos Berbayar?

Tech
Twitter Mulai Uji Coba Fitur Pemberian Label untuk Akun Bot