Tech

Elon Musk Ciptakan Chip Untuk Otak, Bisa Dengar Musik Langsung di Kepala

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 25th 2020


(Getty Images) 

Elon Musk dan perusahaan startup chip komputer miliknya yang bernama Neuralink sedang mengembangkan sebuah terobosan baru. Ia tidak mengembangkan chip yang dipasang ke perangkat teknologi tertentu, melainkan ke otak kita!

Perusahaan yang berdiri di tahun 2016 ini sedang bekerja untuk menciptakan chip berteknologi intelegensi buatan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Setelah beberapa tahun berproses, perusahaan satu ini akan mengumumkan update terbarunya pada 28 Agustus mendatang.

Chip yang ditanamkan langsung ke otak ini diklaim dapat membantu menyembuhkan masalah otak dan tulang belakang dengan penggunaan intelegensi buatannya. Warganet bahkan mencetuskan ide agar teknologi ini bisa melepaskan hormon-hormon tertentu untuk mengatasi masalah mental seperti OCD. Keren banget kan?

Uniknya, chip tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan musik langsung ke otak nih, bukan lagi melalui perangkat headset atau earphone untuk telinga kita. Coba deh bayangkan.

Kalau kita sering mendengarkan musik dan ketemu satu lagu yang bagus, biasanya kita bilang, “Duh, lagu ini gak bisa lepas dari kepalaku nih, earworm banget!” Mungkin istilah “gak bisa lepas dari kepala” atau “stuck in my head” ini yang menginspirasi ide satu ini.

 

Di bulan Juli 2019 lalu, CEO dari perusahaan mobil Tesla ini menyatakan bahwa beberapa tes terhadap chip satu ini telah berhasil dilakukan dengan menggunakan tikus bahkan kera untuk objek percobaannya. Nah, tinggal tunggu waktu aja nih untuk percobaan langsung ke manusia.

Neuralink memang punya misi menarik. “Kalau kita gak bisa mengalahkan mereka (teknologi mesin), justru bergabunglah dengan mereka.” Ini berarti bahwa manusia harus tetap mengembangkan teknologi terbaru untuk memajukan segala aspek kehidupan.

Gimana, kamu siap gak nih dengan teknologi satu ini? Mari kita tunggu update selanjutnya ya!

Related Articles
Tech
Elon Musk Klaim Chip Otak Temuannya Dapat Sembuhkan Depresi

Tech
Neuralink Kembangkan Robot Bedah Otak, Langkah Awal "Menghadapi" Dominasi AI

Tech
Petinggi Tesla Akui Elon Musk Berlebihan Soal Label 'Full-Self Driving'