Tech

Asyik! Spotify Kini Memungkinkan Podcast Diunggah Dalam Bentuk Video

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 22nd 2020

(Bloomberg)

 

Hayo, siapa yang suka banget dengar podcast lewat Spotify? Aplikasi streaming satu ini memang jadi andalan para pembuat podcast sehingga pilihan genre dan topiknya beragam. Mulai dari yang lokal sampai internasional, semuanya bisa dinikmati hanya dengan beberapa klik!

Biar pengalaman menikmati podcast makin asyik, perusahaan streaming ini kini merilis fitur podcast video. Sesuai namanya, kini para pendengar bisa jadi penonton juga dalam satu podcast yang sama. Tenang, beberapa podcast video bisa dinikmati oleh pengguna gratis juga kok.

Kita bisa menonton dari Spotify di smartphone atau di desktop kita lho. Tapi karena fitur ini masih baru banget, hanya beberapa podcast yang bisa memanfaatkan terobosan baru ini.

Podcast yang beruntung antara lain Book of Basketball 2.0, Fantasy Footballers, The Misfits Podcast, The Morning Toast, Higher Learning with Van Lathan & Rachel Lindsay, dan The Rooster Teeth Podcast. Yup, memang masih podcast internasional semua. Ada yang jadi favoritmu gak nih?

Podcast video akan mulai secara otomatis ketika pengguna menyentuh tombol mulai. Video akan otomatis tersinkronisasi dengan audio, jadi ketika kita keluar dari aplikasi pun suara podcast tetap bisa terdengar. Berjalan di belakang layar gitu, jadi bisa didengar sambil melakukan kegiatan lain deh!

Fitur ini secara jelas menantang pesaing aplikasi streaming video YouTube. Memang sudah banyak para pembuat podcast yang mengunggah karya mereka melalui kanal YouTube dalam bentuk video podcast. Aplikasi streaming milik Google ini diandalkan dalam sisi monetize sehingga menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Namun melalui Spotify, para podcaster bisa merangkul lebih banyak pendengar karena aplikasi streaming ini memang diandalkan oleh para pendengar podcast. Kalau sudah ada video podcastnya di aplikasi yang sama, ngapain lihat di YouTube lagi ya kan?

Nah, kita tunggu aja deh fitur baru ini bisa dirasakan oleh para pembuat podcast negara kita. Kalau fitur ini sudah rilis, kamu lebih suka dengar podcast tanpa video atau dengan video nih? (*)

Related Articles
Tech
Spotify Uji Coba Video Podcast untuk Pertama Kalinya, Saingi YouTube?

Tech
Spotify Perbolehkan Kreator Jadikan Podcast Berbayar dengan Biaya Langganan

Tech
Satukan Banyak Episode Jadi Playlist Simpel, Spotify Rilis 'Your Episodes'