Tech

Hadapi Masa Maturasi, Gojek Rekrut Severan Rault

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 22nd 2020

Setelah bulan lalu Gojek ditinggal pergi CTO (Chief Technology Officer) mereka, Ajey Gore, kini Gojek mengumumkan bahwa posisi CTO mereka telah diisi kembali oleh seorang mantan petinggi Microsoft dan Google, Severan Rault. Rault mengatakan jika dia nantinya akan bertugas mengawasi tim engineer Gojek di wilayah ASEAN dan India dan melaporkannya kepada Co-chief Executive Kevin Aluwi.

Rault memiliki sepak terjang yang panjang di bidang engineering sebelum bergabung dengan tim Gojek. Dia pernah mendirikan Betawave, perusahaan studio virtual reality pada tahun 2016. Selama bekerja untuk Amazon, Rault menciptakan Prime Air, program pengantaran via drone milik Amazon. Saat bekerja untuk Microsoft, dia menjadi arsitek Bing, mesin pencari besutan Microsoft. Dia juga pernah mendirikan Kikker Interactive, penyedia jaringan nirkabel yang diakuisisi Microsoft pada 2008.

Rault bergabung dengan Gojek pada masa yang tepat, dimana Gojek tengah menghadapi kompetisi ketat dengan pesaing utamanya di Indonesia, Grab, dan saat Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19. Bulan lalu, Gojek mengatakan jika mereka telah merumahkan sebanyak 430 karyawan mereka, atau sekitar 9 ppersen dari total pekerja mereka, lalu menutup fitur GoLife di aplikasi Gojek. Langkah tersebut diambil Gojek agar mereka dapat berfokus mengembangkan sistem pembayaran mereka, beserta pengembangan unit transportasi dan pengantaran makanan selama pandemi Covid-19.

Gojek kini menjelma dari aplikasi transportasi online menjadi super-app yang melayani pembayaran online dan berbagai layanan mereka, mulai dari transportasi, pengantaran ecommerce dan logistik. Gojek bahkan menggaet Facebook dan PayPal untuk menjadi investor mereka, setelah Google dan Tencent. 

"Ini akan menjadi saat yang berbeda bagi Gojek," ujar Rault dalam sebuah pernyataan. "Perusahaan ini memasuki fase kritisnya, dimana perusahaan ini telah berkembang dari fase startup ke fase maturasi, dan itu adalah hal yang istimewa. Membangun sistem dan melakukan proses dalam skala dan kompleksitas yang dihadapi Gojek saat ini membawakan tantangan yang langka dalam berkarier, dan aku bersyukur mendapatkan kesempatan ini," tutupnya. (*)

Related Articles
Tech
BukuWarung, Aplikasi Startup Pembukuan untuk Warung Rumahan di Indonesia

Tech
Google Resmi Hubungkan Jaringan Internet Eropa-AS via Kabel Bawah Laut 'Dunant'

Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya