Tech

SpaceX Sukses Luncurkan ANASIS-II, Satelit Militer Korsel ke Orbit Bumi

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 22nd 2020

(Foto: mashable.com)

Setelah sukses meluncurkan Crew Dragon yang membawa dua astronot NASA ke ISS (International Space Station), SpaceX kini kembali mendulang keberhasilan dengan peluncuran ANASIS-II, satelit komunikasi militer pertama milik Korea Selatan. ANASIS-II nantinya akan membantu meningkatkan keamanan nasional Korea Selatan.

Roket Falcon 9 yang membawa ANASIS-II meluncur dari Cape Canaveral di Florida pada Senin (20/7) menggunakan stasiun peluncur roket tingkat satu yang 51 hari lalu mereka gunakan untuk meluncurkan Bob Behnken dan Doug Hurley ke ISS. Penggunaan kembali peluncur ini mencatatkan rekor baru tercepat penggunaan peluncur roket yang sama, dimana sebelumnya SpaceX membutuhkan waktu 63 hari untuk mempersiapkan peluncur roket agar bisa digunakan kembali.

Peluncuran roket ke luar angkasa tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang. Ada banyak faktor galat yang perlu diperhitungkan secara detil, termasuk muatan pesawat, daya dorong roket, bahan bakar, sudut peluncuran, gravitasi, hingga ke urusan pasca peluncuran seperti pengambilan kembali tabung roket yang jatuh ke permukaan bumi setelah sukses "mengantarkan" muatannya ke luar angkasa.

Beberapa tahun lalu, SpaceX menggunakan tabung roket sekali pakai untuk meningkatkan kapasitas bawaan mereka dalam sebuah misi peluncuran ke luar angkasa. Kini, mereka menggunakan jenis tabung roket yang dapat diperbarui, sehingga biaya peluncuran roket untuk seterusnya dapat ditekan dan menjadi lebih efisien, termasuk dalam peluncuran ANASIS-II. Tabung roket yang sukses meluncurkan ANASIS-II telah sukses diambil kembali oleh SpaceX dengan menggunakan kapal mereka, dan menjadi keberhasilan ke-57 SpaceX dalam pendaratan tabung roket di permukaan bumi.

 

Related Articles
Tech
SpaceX dan NASA Akhirnya Berhasil Luncurkan Crew Dragon ke Luar Angkasa

Interest
Ada "Dinosaurus" Numpang di Penerbangan Luar Angkasa NASA x SpaceX

Tech
Crew Dragon Sukses Daratkan Kembali Bob dan Doug di Bumi