Hobi

Jelang Tamatnya "Haikyuu!!", Furudate Sensei Tulis "Catatan Pengarang" Terakhir

Ahmad Redho Nugraha

Posted on July 21st 2020

Seperti para pendahulunya di Majalah Komik Mingguan Shonen Jump, manga "Haikyuu!!" akan menutup ceritanya dengan popularitas dan kesuksesan sebagai manga shonen bergenre olahraga. Manga ini akhirnya selesai setelah pengarangnya, Haruichi Furudate mengerjakannya dengan tekun selama delapan tahun lebih. Sebagai kata perpisahan, Furudate Sensei pun menyematkan "catatan pengarang" terakhirnya, menyusul chapter terakhir Haikyuu!! yang akan segera dia rilis.

Setiap seri dari Majalah Komik Mingguan Shonen Jump biasanya memang dirilis dengan catatan pengarang istimewa yang memberikan gambaran singkat tentang pengarang masing-masing mangaka yang merilis komiknya di majalah tersebut. Catatan pengarang yang muncul biasanya tidak berurutan, tapi akan berbeda ceritanya jika suatu seri tertentu di majalah komik tersebut akan tamat.

Catatan pengarang yang diberikan Furudate Sensei kali ini difoto dan diunggah oleh beberapa kaun Twitter. Catatn tersebut berisi ucapan singkat Furudate Sensei tentang pesan-kesannya selama mengerjakan komiknya dengan Shueisha, juga ucapan terima kasihnya kepada para pembaca yang sudah mendukungnya selama hampir satu dekade.

"Aku benar-benar super beruntung karena bisa mendapat serialisasi (manga) di majalah yang penuh dengan monster! Terima kasih!!" demikian tulisnya dalam catatan tersebut, lengkap dengan avatar karakternya di sebuah kotak kecil.

 

Tamatnya manga Haikyuu!! menjadi trending topic Twitter di Jepang dan Amerika Serikat. Tagar #ThankYouHaikyuu dilontarkan fans Haikyuu!! dari berbagai belahan dunia, disertai dengan ucapan selamat dan terima kasih kepada Furudate Sensei karena dedikasinya dalam menuntaskan manga tersebut.

Berbeda dengan kebanyakan manga shonen yang berakhir dengan kemungkinan kelanjutan atau sekuel di masa mendatang, chapter terakhir Haikyuu!! kabarnya tidak akan memunculkan potensi narasi alternatif, dan justru akan menjawab segala pertanyaan fans yang selama ini membacanya. 

Keberhasilan Haikyuu!! sebagai komik shonen olahraga bukan yang pertama kalinya terjadi di dalam lini masa perkembangan manga di Jepang. Captain Tsubasa, Eyeshield 21, Prince of Tennis dan Hajime no Ippo adalah contoh manga olahraga lain yang mendulang kesuksesan dan tetap memiliki tempat khusus di hati para penggemarnya hingga saat ini. (*)

Related Articles
Hobi
Benarkah Manga Haikyuu!! Bakal Segera Tamat?

Hobi
Komikus Barakamon, Satsuki Yoshino Rilis Manga Baru Agustus Nanti

Hobi
Siap Ditayangkan Januari 2021, Cell's at Work! Code Black Rilis Trailer Official