Entertainment

Mengenal Idris Elba, Calon Kuat James Bond Kulit Hitam Pertama

Gabriel Wakkary

Posted on August 13th 2018

Semalam (12/8), jagat Twitter membuat heboh para pencinta James Bond lewat cuitan seorang aktor ternama Inggris, Idris Elba. Pasalnya, aktor 46 tahun itu menulis sebuah kalimat yang identik dengan famous line agen 007, James Bond. 

My name is Elba, Idris Elba,” tulis Elba lewat akun pribadinya. Meski singkat, tulisan ini sukses membuat para penggemar James Bond berasumsi bahwa Elba-lah yang akan menjadi The Next Mr. Bond setelah Daniel Craig mengundurkan diri.

Meski masih belum ada kepastian soal bergabungnya Elba ke dalam jajaran elit pemeran James Bond, tidak ada salahnya kita mulai berkenalan dengan aktor yang bersinar lewat perannya sebagai Mandela dalam Mandela: Long Walk to Freedom ini.

Meski lahir di London, darah Afrika Elba masih begitu kental. Sebab, ayah dari pemeran Heimdall di Marvell Cinematic Universe ini adalah seorang Sierra Leone. Sementara sang ibu berasal dari Ghana. Namun, keduanya telah menetap di London beberapa saat sebelum Elba lahir.

Perannya sebagai Rusell ‘Stringer’ Bell, seorang gembong narkoba dalam serial The Wire produksi HBO, mempopulerkan nama Elba di Amerika Serikat. Bahkan, ia menuai banyak respon positif dari para kritikus film soal aktingnya itu. Elba terlihat sangat realistik dan akurat dalam memerankan seorang pria kulit hitam asal Baltimore, Maryland—latar cerita The Wire. Publik bahkan terkejut saat mendengar Elba berbicara dalam aksen aslinya yang sangat British. 

Tidak hanya piawai di depan kamera, Elba juga seorang DJ yang telah tampil di berbagai acara besar. Ia pernah tampil di NBA All-Star Parties 2007 dan berbagai venue di benua Eropa. Ia juga telah merilis 1 album, 4 EP, serta sempat berkolaborasi dengan Jay-Z pada album rapnya yang bertajuk American Gangster. Selain itu, aktor yang juga tampil di film American Gangster  ini juga seorang petarung kickboxing profesional dengan rekor 1 kali menang dan tanpa kekalahan atau seri.

Dalam beberapa kesempatan, Elba kerap menunjukkan rasa cintanya kepada Arsenal dengan mencibir rival-rival klub sepakbola kesayangannya itu. Dalam sebuah wawancara, ia bahkan pernah berkata: “Saya tahu pendukung Chelsea akan membenci saya saat saya pulang ke London. Tapi mereka juga tahu bahwa Arsenal adalah satu-satunya tim di London!”

Bahkan, saat Tottenham Hotspur—rival lokal Arsenal—bersaing dengan Leicester City untuk memperebutkan takhta juara Liga Inggris, Elba dengan berani berujar: “Saya akan sakit dan muntah-muntah jika Tottenham berhasil menjuarai Liga Inggris.”

Pada 2016, Majalah Time pernah mendaulat Idris Elba sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia dalam Time 100. Selain itu, pria beranak dua ini juga diberi penghargaan oleh Ratu Elizabeth II atas jasanya dalam perkembangan drama di Inggris.

Selain itu, karya Elba dalam dunia perfilman dan pertelevisian juga menghasilkan banyak penghargaan dan nominasi di ajang-ajang bergengsi seperti Golden Globe, Primetime Emmy Award, BET Award, dan Screen Actor Guild Award.

Seperti apakah sosok James Bond kelak di tangan Elba? Kita tunggu tanggal mainnya.

Related Articles
Entertainment
Akibat Corona, Perilisan Film James Bond 'No Time to Die' Diundur

Entertainment
Harry Styles Ingin Menjadi 'James Bond'

Entertainment
Asyik! Lady Gaga, Billie Eilish sampai Coldplay Bakal Konser Live Gratis!