Current Issues

Cara Cerdas Menghindari Corona Versi Ahli Penyakit Menular Amerika Serikat

Dwiwa

Posted on July 20th 2020

(Foto: thehill.com)

Covid-19 tidak bisa diremehkan. Beberapa bukti terbaru menunjukkan jika penyakit ini bukan hanya sekadar flu biasa yang bisa sembuh hanya dengan daya tahan tubuh yang baik. Beberapa kaum muda bahkan mengalami gejala pasca Covid-19 meskipun mereka sudah dinyatakan sembuh.

Lalu apa saja nih yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari Covid-19? Dilansir dari BESTLIFE, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) Anthony Fauci memiliki beberapa tips cerdas.

Fauci sendiri merupakan dokter senior yang dipercaya oleh dua pertiga warga Amerika Serikat dalam kepemimpinannya melawan Covid-19, menurut poling yang dipublikasikan di The New York Times baru-baru ini. Hal tersebut rasanya memberikan alasan yang cukup bagi dunia untuk mendengarkan saran yang diberikannya dalam mencegah corona.

1. Hindari Bar

Meski secara eksplisit, Fauci telah mengingatkan orang-orang untuk menghindari bar sementara waktu. Selain karena cenderung padat, tempat ini juga biasanya memiliki ventilasi yang buruk, kondisi yang sangat ideal untuk penularan berskala besar.

“Kita harus menanggapi serius masalah penggunaan masker sepanjang waktu dan tidak berkumpul di bar. Aku pikir kita bisa menghentikannya hanya dengan menutup (bar) karena mereka jelas merupakan mekanisme penting dalam penyebaran,” ujarnya dalam wawancara bersama dengan InStyle. Dengan kata lain, meski sudah buka kembali tidak selalu ada jaminan tempat itu aman.

2. Gunakan Masker

Meski pada awalnya dia menganjurkan agar masker hanya dipakai oleh petugas medis, tetapi dalam beberapa bulan terakhir secara gencar Fauci mengkampanyekan jika memakai masker adalah pertahanan penting dalam melawan virus ini dan harus dilakukan setiap kali meninggalkan rumah.

“Ketika kalian berada di kerumunan bersama banyak orang dan tidak menggunakan masker, terjadi peningkatan risiko penularan di sana. Aku sama sekali tidak meragukannya,” jelasnya dalam wawancara untu Halftime Report CNBC.

3. Pertahankan Social Distancing

Menjaga jarak juga menjadi kunci penting lain yang disarankan oleh Fauci. Dia bahkan memperingatkan kepada komite Senat AS jika kasus harian Covid-19 di Amerika bisa melonjak menjadi 100 ribu seandainya orang-orang tidak menerapkan social distancing dan menggunakan masker ketika di tempat umum.

“Cara terbaik untuk menghindar ataupun menularkan penyakit ini adalah menghindari tempat-tempat ramai bersamaan dengan mengenakan masker,” ujar Fauci dalam wawancara untuk podcast ABC Powerhouse Politics.

4. Bersiap untuk Situasi di Luar Kendali

Dalam beberapa hal, mungkin kita tidak selalu bisa mengendalikan situasi di sekitar. Ada kalanya kita harus meninggalkan rumah yang aman untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Saat itu, kita harus bersiap untuk berada dalam situasi keramaian meskipun ketika meninggalkan rumah kita tidak mengharapkannya.

“Sangat jelas bahkan ketika kalian mencoba mememnuhi kebutuhan hidup tertentu, keluar mencari makan atau pergi ke apotek untuk mendapat obat, kalian secara tidak sengaja mungkin melakukan kontak dekat,” jelasnya. Karena itu, kalian tidak boleh meninggalkan rumah tanpa masker dan hand sanitizer.

5. Kenali Tanggung Jawab Kalian

Setiap diri kita memiliki tanggung jawab yang harus dipikul dalam menangani krisi pandemi Covid-19. Memahami apakah kita menjadi bagian yang membantu mengatasi atau justru menjadi sumber masalah menjadi hal penting untuk menjaga diri kita dan orang lain aman.

“Kalian memiliki tanggung jawab individu untuk diri anda sendiri, tetapi kalian (juga) memiliki tanggung jawab sosial. Kita harus menyadari jika kita adalah bagian dari proses,” jelas Fauci dalam sebuah briefing gugus tugas virus corona di White House. Mengetahui apakah kalian menjadi bagian dari penolong atau justru penghalang dalam krisi akan membuat kalian mengambil pilihan yang lebih aman.

6. Ingat! Orang Tanpa Gejala Tetap Menular

Orang-orang tanpa gejala telah dianggap menjadi masalah serius dalam penyebaran Covid-19. Banyaknya orang tanpa gejala ini membuat Covid-19 jadi disepelekan dan menjadi alasan mengapa penyebarannya begitu mudah.

“25 hingga 45 persen dari jumlah orang terinfeksi tampaknya tidak bergejala dan kita tahu dari studi epidemiologis jika mereka bisa menularkan pada seseorang yang belum terinfeksi meskipun tidak memiliki gejala.,” jelasnya dalam wawancara untuk ABC Good Morning America. Karena itu, bersikap seolah-olah semua orang terinfeksi adalah tindakan pencegahan yang diperlukan.

7. Segera Dapatkan Vaksin Ketika Sudah Tersedia

Vaksin disebut sebagai salah satu jalan keluar bagi dunia untuk keluar dari pandemi Covid-19 yang semakin parah. Uji coba beberapa vaksin di berbagai belahan dunia telah memberikan “kabar baik”, bahkan beberapa diantaranya sudah dalam tahap uji coba pada manusia. Namun denganadanya skeptisme tentang kecepatan pengembangan vaksin, bisa jadi akan ada orang-orang yang menolak untuk di vaksin.

Fauci mengatakan jika ini bisa dimengerti tetapi tidak dapat di benarkan. “Kami tidak berkompromi dengan keselamatan, kami tidak mengorbankan integritas ilmiah,” ujarnya. Dalam wawancara dengan CNN, Fauci menyatakan keprihatinan kemungkinan kegagalan dalam mencapai herd immunity jika cukup banyak orang menolak di vaksin. Dia pun menyarankan agar begitu tersedia, semua harus mendapatkan vaksin.

8. Segera Lakukan Tes Jika Merasa Sakit

Pengujian menjadi kunci utama untuk menghambat penyebaran virus. Untuk alasan itu, Fauci menganjurkan untuk melakukan tes dalam jumlah besar sehingga dapat bisa memahami apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan.

Jika merasakan gejala dan curiga itu adalah Covid-19, segera lakukan tes dan isolasi diri sebelum hasilnya keluar. Ini akan membuat kalian berhenti menyebarkannya pada keluarga dan orang lain.

9. Jangan Sepelekan Penyakit yang Sudah Dimiliki

Sudah bukan menjadi rahasia jika orang yang sudah memiliki penyakit pendahulu sebelum terinfeksi Covid-19 membuat gejala yang dirasakan menjadi lebih parah. Karena itu, Fauci berpesan agar kalian menanggapinya dengan serius dan mengambil tindakan pencegahan ekstra.

“Jika kalian adalah orang yang telah memiliki penyakit dasar, terutama orang tua, kalian perlu berpikir dua kali untuk naik pesawat, dalam perjalanan panjang. Bukan hanya dua kali. Jangan berada di kapal pesiar,” jelasnya.

Jika kalian memiliki diabetes, hipertensi, kanker, atau komorbid lain, kalian harus membuat pencegahan yang lebih hati-hati hingga pandemi bisa dikendalikan.

10. Pahami Jika Kemajuan Terjadi Secara Bertahap

Ketidaksabaran telah menjadi rintangan besar dalam meratakan kurva virus corona, tetapi menurut Fauci, penting bagi kita untuk melihat jika kemajuan yang terjadi akan datang secara bertahap, dengan asumsi kita telah melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

“Kita harus memiliki keseimbangan antara kehati-hatian dan kebijaksanaan menuju normalitas,” ujar Fauci pada U.S Chamber of Commerce Foundation di Washington. Sebelumnya dia juga mengingatkan jika ekspektasi yang tidak ralistis dapat membuat orang berkecil hati, tetapi angkat tangan dan meninggalkan langkah-langkah keselamatan yang diperlukan jelas bukan pilihan.

Nah itu tadi sepuluh tips cerdas agar kita bisa terhindar dari paparan virus SARS-COv-2. Meski saran diberikan oleh dokter asal Amerika, tetapi penerapannya jelas bisa dilakukan di seluruh dunia. Sebab saat ini pandemi yang kita hadapi sama, krisi COvid-19. Jadi, yuk kita mulai terapkan tips ala dokter Fauci saat ini juga. Jangan lupa bagikan tips ini ke orang-orang terdekat ya.(*)

Related Articles
Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
Waduh, Cuma 50 Persen Warga Amerika Serikat yang Mau Divaksin